I. Pengetahuan dasar teori gizi:


Masyarakat moderen sangat unggul dan tak ada bandingannya. Manusia menikmati transportasi yang cepat dan nyaman, makanan yang nikmat, informasi yang tak habis-habisnya, dan kebudayaan yang beraneka ragam. Namun, keunggulan ini juga telah membawa banyak ketidak-beruntungan, yaitu pertempuran hebat, pekerjaan yang sangat sibuk, melayani banyak jamuan, kehidupan yang tegang, tekanan yang sangat berat, sehingga banyak orang hidup tak teratur, pola makannya tak ideal. Pada waktu bersamaan orang mencapai kesuksesan dalam usahanya, mereka juga telah mengeluarkan pengorbanan berupa kesehatannya. Yang timbul seiring dengan berkembangnya industri moderen, yaitu polusi, radiasi, produk kimiawi beracun dan berbagai penyakit beradab telah menyerang setiap orang moderen. Cita-cita untuk “ menikmati kehidupan yang indah dan mempunyai kehidupan yang sehat ” hanya merupakan impian belaka.

Para ilmuwan dan instansi kedokteran yang berwenang di Amerika, Jepang, Jerman dan negara-negara lainnya di dunia melalui eksperimen ilmiah dalam jangka waktu yang panjang dan berulangnya banyak kasus klinis membuktikan bahwa spirulina berkhasiat untuk mencegah dan membantu mengobati berbagai jenis penyakit, dan tidak mempunyai efek samping. Nama spirulina diperoleh karena bentuknya yang menyerupai spiral, hidup di danau asin bersifat basa di daerah tropis dan sub-tropis. Menurut pengamatan pakar biologis, spirulina merupakan mahkluk yang pertama kali ada di bumi, memproduksi oksigen dan mendorong hidupnya koloni biologis, berkembang biak dan berevolusi. Penduduk benua Afrika telah lama mengenal nilai gizi spirulina, dan spirulina dijadikan makanan pokoknya, sehingga tubuh mereka kuat dan berenergi, dan dapat mengkonsumsi keperluan hidup yang besar untuk menyesuaikan lingkungan yang panas. Penelitian pakar medis menemukan bahwa orang Afrika setempat jarang sakit, ini berkaitan erat dengan spirulina yang mereka konsumsi yang menambah kekuatan imunitas. Pada tahun 1960-an, sekelompok penjelajah Belgia sedang melakukan perjalanan di Gurun Sahara . Spirulina berwarna hijau sejenis ini dibeli di pasar, melalui penelitian pakar biologis barulah diketahui nilai potensial yang ada pada spirulina. Setelah itu, para ilmuwan terus melakukan penelitian lebih mendalam. Ditetapkan bahwa spirulina merupakan makanan yang mempunyai gizi paling sempurna dan paling seimbang di antara makanan yang dikenal orang sekarang ini. Sampai tahun 1973 ilmuwan Perancis, Profesor Clementi, yang telah melakukan penelitian cermat atas spirulina pada konferensi protein internasional mengumumkan hasil penelitiannya kepada dunia, spirulina merupakan sumber makanan berprotein alami yang paling baik yang ditemukan oleh manusia sampai sekarang.

Terdapat lebih dari 25,000 jenis spirulina di bumi, di antaranya jenis ganggang biru merupakan mahkluk hidup yang paling dini ditemukan di bumi. Spirulina merupakan salah satu jenisnya, spirulina merupakan sejenis mahkluk hidup semacam ganggang kecil yang hidup di perairan, berwarna biru kehijauan, di bawah mikroskop tampak bentuknya yang menyerupai spiral, maka disebut spirulina. Fungsi utama spirulina adalah untuk menambah nutrien yang dikonsumsi tubuh manusia, mengatur keseimbangan mekanisme fisiologis tubuh, mendorong metabolisme, meningkatkan imunitas, dan meningkatkan kualitas tubuh, sehingga dapat mencapai tujuan untuk melawan penyakit dan mengobati sampai ke akarnya. Dapat dilihat terlepas dari pria maupun wanita, tua maupun muda, dengan mengkonsumsi spirulina, akan mendatangkan manfaat besar tanpa bahaya apapun.

Kesehatan merupakan kekayaan nomor satu manusia, kesehatan diperoleh tak hanya dengan mengandalkan obat-obatan, tetapi lebih mengandalkan gizi yang bersifat ilmiah. Sampai sekarang spirulina merupakan makanan pemelihara kesehatan berwarna hijau alami yang terbaik yang merupakan kumpulan gizi dan obat. Oleh karenanya, ditetapkan oleh Badan Pangan Dunia sebagai “ makanan pemelihara kesehatan alami yang paling ideal bagi manusia abad ke 21 ” .

II. Komposisi utama dan khasiat Kapsul Spirulina Tiens:

Bahan dasar: spirulina alami bermutu unggul.

Komposisi dasar :

protein 55 – 70%, karbohidrat 12 ? 17 %, lemak 5-8 % ; serat 5-7 %

Asam amino  : ( asam amino gr / 100 gr protein )

Asam amino esensial isoleucine 5.9 ; leucine 9.1 ; lysine5.4 ; methionine 2.9 ; threonine 4.8 ; phenylalanine 5.5 ; valine 6.7 ; tryptophan 1.0

Asam amino non-esensial alanine 8.4 ; arginine 6.5 ; asam glutamik 15.0 ; asam aspartic 10.3 ; cystine 0.6 ; glycine 5.4 ; proline 2.1 ; histidine 1.5 ; tyrosine 4.6 ; serine 4.2

Mineral ( mg/100g ) potasium 1450 ; sodium 41.2 ; kalsium 131.5 ; fosfat 894.2 ; magnesium 191.5 ; besi 58.0; zinc 3.9 ; mangan 2.5

Kandungan vitamin ( mg/100g ) VA ? 110-200 ; VB1 5.5 ; VB2 4.0 ; VB6 0.3 ; VB12 0.2 ; VE 19.0 ; asam pantotenik 1.1 ; VH 0.04 ; asam frolik 0.05 ; asam nikotinik 11.8 ; inositol 35

Komposisi gizi lainnya protein ganggang biru 16-20% ; carotene 190mg/100g ;ß -carotene 170mg/100g; klorofil 760mg/100g ; luteim 100mg/100g ; cryptoxanthin 55.6mg/100g; echinenone 43.9mg/100g ; zeaxanthin 31.6mg/100g

Asam lemak asam lemak 5.7% ; asam laurik ( C-12 ) 229mg/kg ; asam miristik (C-14) 644mg/kg ; asam palmitik(C-16) 2035mg/kg ; asam linolenik palmitoleik (c-16) 2565mg/kg ;asam heptadekaanoik ( C-17 ) 142mg/kg ; asam oleik (C-18) 3009mg/kg ; asam stearik (C-18) 353mg/kg; asam linolenik (C-18) 13784mg/kg ; y-asam linolenik (C-18) 11970mg/kg ; a-asam linolenik (C-18) 427mg/kg

III. Khasiat Produk :

1. Menambah imunitas, menambah kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyakit menular;

Sistem imunitas merupakan perisai tubuh untuk melawan berbagai unsur penyebab penyakit yang menyerang baik dari dalam maupun luar tubuh, sama seperti tentara dan polisi suatu negara, merupakan jaminan “ pengamanan ” tubuh. Jika sistem imunitas dirusak karena berbagai sebab, yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun, berbagai unsur penyebab penyakit akan menggunakan kesempatan untuk menyerang tubuh, dan menimbulkan bahaya serius bagi kesehatan.

Spirulina mempunyai komposisi gizi khusus, banyak mengandung berbagai senyawa untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti ß —carotene, phycoyanin, polisakarida, dan sebagainya, sehingga dapat secara meningkatkan aktivitas imunitas tubuh, juga dapat secara lebih berkhasiat membasmi berbagai sumber penyakit ,dengan demikian dapat secara menyeluruh meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit, berkhasiat menurunkan persentase terjadinya infeksi, tumor dan penyakit imunitas tubuh.

Spirulina dapat mengganggu reproduksi berbagai virus, juga kandungan asam aminonya yang banyak dapat memulihkan cidera sel, dapat memulihkan fungsi liver, dan berfungsi membantu pengobatan radang liver. Selain itu, spirulina juga dapat menambah energi dan meningkatkan pemulihan dari sakit. Dapat mengatur metabolisme, meningkatkan fungsi organ, melawan kekurangan oksigen, semua ini merupakan sebab mengapa mereka yang mengkonsumsi spirulina untuk jangka waktu panjang akan merasa tubuh penuh energi.

Pakar medis menemukan bahwa spirulina tidak hanya merangsang sistem imunitas. Pada kenyataannya, juga dapat meningkatkan tubuh untuk menghasilkan sel darah baru. Komposisi utama dalam sistem imunitas, yaitu sel sum-sum tulang, makrofage, sel-T dan sel pembasmi alami, meningkatkan fungsi limpa dan tiroid, ini adalah karena bertambahnya jumlah makrofage, sehingga aktivitasnya bertambah dan lebih berkhasiat dalam membasmi bakteri.

Ilmuwan Jepang pada literatur penelitian edisi terbaru mengumumkan bahwa ekstrak khusus dari spirulina dapat menghambat reproduksi virus HIV, virus herpes, virus penyakit menular, virus parotis dan virus campak; pada waktu bersamaan sangat aman bagi sel tubuh.

2. Meningkatkan kekuatan melawan berbagai radiasi:

Sprirulina merupakan suplemen kesehatan alami yang diakui dunia untuk melawan radiasi. Polisakarida spirulina dapat meningkatkan imunitas tubuh, dapat berkhasiat menghambat radiasi berbahaya yang ditimbulkan pada reproduksi normal sel sum-sum.

Pada tahun 1986 terjadi kebocoran nuklir yang menimbulkan malapetaka di stasiun nuklir Chenobyl, Rusia. Puluhan ribu penduduk yang tak berdosa segera mendapat ancaman kematian karena radiasi nuklir, masyarakat internasional segera memberi pertolongan kemanusiaan.

Dari berbagai bantuan untuk bencana ini, yang paling berharga adalah produk sprirulina yang baru saja diteliti dan diproduksi oleh Jepang. Produk ini dapat dengan cepat memulihkan fungsi pembuatan darah pada tubuh penderita yang terkena radiasi, persentase timbulnya penyakit radiasi sangat menurun. Keunggulan spirulina dalam melawan radiasi menjadi terkenal sejak peristiwa ini.

Dalam kehidupan sekarang ini, berbagai radiasi yang berbahaya membawa pengaruh buruk bagi kesehatan manusia, dan semakin hari semakin bertambah. Misalnya komputer, telpon genggam, berbagai peralatan mikro, bahan yang tak baik untuk reparasi rumah, sehingga menimbulkan bahaya serius bagi wanita hamil dan fetus. Fungsi melawan cidera radiasi yang mencolok dari spirulina adalah spirulina dapat membangun “ benteng pencegahan ” yang kuat untuk melawan radiasi.

Sekarang ini kita menghadapi bahaya yang ditimbulkan dari udara, air, gelombang mikro, telpon genggam, berbagai bahan reparasi yang tak baik, makanan dan obat-obatan yang bertoksin, kita perlu terus-menerus membasmi zat racun yang terkumpul di dalam tubuh. Struktur gizi yang sempurna dan tak ada duanya dari spirulina, mengandung asam frolik, phycoyanin dan polisakaradi, yang dapat mengembangkan khasiat menghilangkan toksin.

Pada waktu bersamaan, spirulina juga merupakan obat pembantu ideal untuk radioterapi dan kemoterapi tumor. Penelitian klinis secara besar-besaran menunjukkan bahwa spirulina dapat menghilangkan reaksi buruk dari radioterapi dan kemoterapi tumor.

3. Spirulina dan diabetes:

Pada penderita diabetes mudah timbul kekurangan berbagai zat gizi yang diperlukan tubuh karena banyaknya pantangan pada makan dan minum. “ Suplemen kesehatan hijau alami ” , spirulina, mengandung gizi yang kaya, sempurna dan seimbang, dapat membantu penderita diabetes dengan cepat menambah gizi yang sempurna dan seimbang.

Pada waktu bersamaan, sediaan spirulina juga mempunyai khasiat yang baik untuk membantu pengobatan diabetes. Serangkaian penelitian menunjukkan bahwa kandungan polisakarida di dalam spirulina melalui fungsi memperkuatkan tubuh membasmi radikal bebas, dapat mengurangi atau menghambat cidera yang ditimbulkan radikal bebas terhadap sel ß pankreas, meningkatkan pemulihan dan regenerasi sel ß pankreas, memperbaiki kekurangan insulin, dan memperbaiki kekacauan metabolisme lemak yang disebabkan karena zat lemak terlalu dioksidasi. Selain itu, kandungan flavon di dalam spirulina dapat memperbaiki fungsi sel ß pankreas, dan fungsinya lebih lama. Kromium organik dapat memperbaiki stamina penderita diabetes, menurunkan gula darah dan lemak darah.

Walaupun fungsi spirulina dalam menurunkan gula lebih lemah daripada obat-obatan China maupun Barat, tetapi spirulina tidak mempunyai efek bertoksin dan dapat dipergunakan untuk jangka waktu. Dapat digunakan sebagai obat untuk membantu pengobatan penyakit naiknya gula darah ringan dan sedang, atau untuk mengendalikan gula darah, dan memperpadukan fungsi perbaikan seluruh tubuh. Pada waktu bersamaan dapat mengurangi penggunaan obat penurun gula yang terbuat dari bahan kimiawi, serta mengurangi efek sampingnya.

4. Spirulina dan penyakit pembuluh darah jantung:

Seiring dengan meningkatnya taraf kehidupan dan perubahan struktur makanan, penyakit pembuluh darah otak dan jantung telah menjadi “ pembunuh nomor satu ” penduduk kota moderen. Untuk menghindari timbulnya penyakit jantung dan stroke yang merenggut nyama, maka harus menurunkan kandungan kolesterol yang berbahaya di dalam darah. Selain merubah kebiasaan hidup dan pola makanan yang tidak baik, sangatlah penting untuk mengkonsumsi makanan alami yang berfungsi memelihara kesehatan, spirulina merupakan jenis makanan seperti ini.

Hasil penelitian Fakultas Sains Universitas Tokio menunjukkan bahwa spirulina mengandung banyak asam amino esensial, yaitu y-asam linolenik, yang berfungsi menurunkan kolesterol plasma darah, juga dapat memperbaiki tingkat pengerasan pembuluh nadi, dengan demikian dapat membawa hasil yang memuaskan untuk meringankan penyakit jantung dan sampai sekarang belum ditemukan adanya efek apapun.

Para ilmuwan dari Meksiko , Argentina , Jepang dan India telah menemukan khasiat spirulina dalam menurunkan kolesterol. Selain itu, spirulina juga dapat meningkatkan fungsi sistem pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Di Jepang dan India telah diterbitkan literatur penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa pemasukan beberapa gram spirulina setiap hari dapat menurunkan kolesterol. Juga dapat menurunkan LDL (kolesterol yang tak baik), pada waktu bersamaan dapat meningkatkan HDL (kolesterol yang baik). Penelitian Jerman dan Jepang menemukan bahwa seiring dengan menurunnya kolesterol, maka berat badan juga akan turun. Penelitian yang ada menunjukkan bahwa spirulina dapat menurunkan kolesterol dan merupakan gizi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pembuluh darah.

5. Spirulina dan kecantikan:

Spirulina mengandung ß -carotene, vitamin E, ? -asam linolenik, yang merupakan zat aktif untuk melawan penuaan, dapat secara berkhasiat menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh, menunda proses penuaan, mengatur metabolisme, meningkatkan fungsi normal tubuh, memperlambat penyusutan kelenjar, meningkatkan vitalitas, dan memberikan kecantikan dari dalam dan luar tubuh.

Spirulina merupakan makanan bergizi yang tinggi protein dan rendah kalori, banyak mengandung protein nabati, vitamin, asam frolik, ß -carotene, ? -asam linolenik dan berbagai zat gizi yang seimbang, berfungsi untuk mengatur metabolisme. Fungsi spirulina yang tinggi gizi, rendah kalori, rendah lemak, akan memberikan gizi yang sempurna bagi tubuh. Spirulina banyak mengandung zat besi, oleh karena itu dalam proses penurunan berat badan, tak akan timbul gejala anemia karena kekurangan zat besi.

6. Spirulina dan gizi anak-anak:

Anak-anak dalam masa pertumbuhan lebih memerlukan berbagai zat gizi. Apabila pasokan gizi tak mencukupi pada tahap pertumbuhan ini, maka akan membawa pengaruh buruk yang serius bagi kesehatan anak di kemudian hari. Gizi yang sempurna, kaya dan mudah diserap pada spirulina merupakan “ jalan pintas ” untuk menambah gizi secara ilmiah selama masa anak-anak.

IV. Digunakan untuk :

• Mereka yang berbadan lemah, imunitasnya menurun, dan mudah terserang flu;
• Mereka yang lama bekerja dekat komputer, telpon genggam dan berbagai peralatan mikro-gelombang;
• Penderita diabetes;
• Mereka yang bekerja tegang dan sering merasa lelah;
• Penderita hiperlipidemia dan penyakit pembuluh darah jantung;
• Mereka yang menjalani diet ketat;
• Mereka yang mempunyai fungsi liver tak baik;
• Mereka yang sering tak makan pagi dan makan tak teratur;
• Mereka yang sibuk bekerja dan sering makan makanan cepat saji;
• Anak-anak dan remaja dalam masa pertumbuhan (terutama diperlukan oleh mereka yang memilih-milih makanan dan tak suka    makanan);
• Mereka yang menjalani radioterapi dan kemoterapi.

Cara penggunaan:
3 x / hari, 6 butir / kali.

IV. Cerita produk:

1. “ Senjata gaib ” Perusahaan Penerbangan Amerika

Kualitas tubuh dan mental awak kapal biasanya lebih unggul dari yang lainnya. Namun setelah bekerja berat selama waktu lama, mereka harus didukung oleh “ gizi super ” , sedangkan tidak mungkin untuk menyimpan makanan dalam jumlah yang banyak di ruang pesawat yang terbatas. Oleh karenanya, benar-benar diperlukan “ makanan serba bisa ” yang mempunyai gizi yang kaya, mengandung protein berkualitas unggul, asam amino esensial dan asam lemak, kaya akan vitamin dan berbagai mikro-nutrien — dipersyaratkan bentuknya kecil, beratnya ringan, aman tak bertoksin, yang dapat diserap secara sempurna dan cepat, tak menghasilkan sisa makanan, namun kualitasnya harus handal dan mudah disimpan. Demi memecahkan masalah yang rumit ini, mencari jenis “ makanan super ” ini dan memenuhi persyaratan dapat dibawa terbang untuk jangka waktu yang lama, banyak peneliti perusahaan penerbangan Amerika dan Rusia telah bersusah-payah karenanya. Spirulina menjadi jawaban akhir bagi masalah yang rumit ini.

2. Spirulina —- “ makanan super ”

Pada tahun 1492, penjelajah Columbus menemukan spirulina di Meksiko, dan telah membuktikan khasiat gaibnya dengan matanya sendiri. Tetapi orang Eropa saat itu tenggelam dalam kegembiraan menemukan daratan baru, dan tidak memperhatikan penemuan besar ini, sehingga lama-kelamaan terlupakan.

Sampai tahun 1940, spirulina baru kembali ditemukan di sebuah danau di Afrika Tengah oleh sebuah team penjelajah Eropa. Sejak itu, spirulina dengan kekuatannya yang tak terkalahkan telah mengungkapkan kegaiban hijau yang menghebohkan dunia.

Di antara tumbuhan alami yang telah diketahui, spirulina secara paling unggul mengumpulkan berbagai jenis zat gizi yang berfungsi memelihara kesehatan tubuh serta berbagai senyawa terbaik komposisi gizi — 1. berat total gizi 1 gram spirulina sama dengan berat total gizi 1 pon sayuran dan buahan, 8 gram spirulina dapat mempertahankan hidup selama 40 hari.

Kandungan gizi dalam spirulina hampir sama seperti standar ideal tubuh manusia yang dirancang oleh Badan Pangan dan Pertanian Dunia, oleh karenanya mendapat pujian dari PBB dan berbagai negara di dunia.

Panjangnya usia orang Jepang menempati nomor pertama di dunia, ini karena mereka dapat mengkonsumsi 500 ton spirulina dalam setahun. Pada saat mereka berpergian ke luar negeri, mereka selalu membawa serta makanan ini. Setiap tahun Jepang mengimpor dari Amerika lebih dari 500 ton produk spirulina (Jepang tidak mempunyai spirulina alami di dalam negeri); di antara penduduk yang berusia 50 tahun ke atas di Jepang, 73% darinya mengkonsumsi spirulina.

3. “ Kehormatan ” yang diperoleh spirulina

• Direkomendasi oleh Badan Pangan dan Pertanian Dunia: “ Spirulina merupakan makanan yang paling ideal di abad ke-21 ”.

• Direkomendasi oleh Organisasi Bahan Pengajaran PBB: “ Merupakan makanan yang paling ideal dan paling sempurna esok ”.

• Konferensi Protein Mikro-biologis Internasional menetapkan spirulina sebagai “ makanan gizi super masa mendatang ”.

• Konferensi Pangan Sedunia mengakui spirulina sebagai “ Makanan gizi super ”.

• Konferensi Dunia PBB memuji spirulina sebagai “ Sumber gizi paling ideal di abad ke-21 ”.

• Badan Kesehatan Dunia menetapkan: “ Spirulina adalah suplemen pemelihara kesehatan terbaik bagi manusia di abad ke-21”.

• Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika: “Spirulina merupakan sumber protein terbaik bagi manusia”.

• Departemen Kesehatan China menetapkan spirulina sebagai “makanan gizi sumber daya baru”.

About these ads