Bisnis Sampingan Tanpa Modal- zahra.co.id

Semua orang akan suka dengan namanya Bisnis, walaupun itu BISNISnya skala kecil atau Besar, tetapi yang pasti itu adalah bisnis. Seperti kita ketahui bersama :) bahwa MAYORITAS dari bangsa kita ini masih berstatus sebagai Employee (Karyawan). Pendek cerita Bisnsi apa yang cocok buat orang yang masih bekerja? Ya itu menjadi senjata ampuh bagi mereka yang kurang suka dengan bisnis. Apalagi kalau masih semangat untuk berkarir atau barang kali baru saja memiliki job yang selama ini belum pernah dikerjakan.

Ada banyak pertanyaan yang sering menjadi bahan atau topik bahasan sesama pekerja di kantor, misalnya apa bisnis sambil kerja dikantor, bisnis dikantor sambil kerja, bisnis sampingan karyawan, bisnis yang tepat sambil bekerja, bisnis yang cocok untuk karyawan.

Tetapi sebenarnya apa saja cocok yang penting mau, persoalannya selama ini selalu mencari yang cocok sehingga tidak pernah jadi, 1tahun, 2tahun hanya mencari yang cocok. Coba saja kalau dimulai pasti akan cocok, nah kalau tidak dimulai bagaimana caranya tau bisnis sampingan yang cocok untuk karyawan sementera belum dicoba.

Akhirnya sayapun mencoba mencari bisnis sampingan yang saat itu sedang trend yaitu bisnis pulsa. Karena selain pendaftaran gratis depositnya juga bisa mulai dari Rp. 100.000,- karena semakin maraknya penyedia jasa reload pulsa. Saya masih ingat pada tahun 2007 – 2008 untuk menjadi reload pulsa itu harus investasi min.200rb sebagai pendaftaran setelah itu deposit harus min. 1juta.

Awalnya bergerak sebagai counter berjalan yaitu mengisi pulsa dari rekan-rekan di kantor dan menginventarisir nomor2 hp para teman-teman dikantor dan juga istri dan anak-anaknya. Wow, ternyata lumayan berkembang, dalam 1 bulan bisa omzet 6-7jt hanya dikantor saja. Setelah itu secara otomatis jiwa entepreneur kita akan tumbuh. Sehingga bisa merasakan bisnis yang cocok untuk karyawan. Tetapi tidak cukup sampai disitu, SAYA INGIN JADI BOSSS!, lalu mendaftar sebagai SUB DISTRIBUTOR dan berhak merekrut para RESELLER untuk menjual langsung ke konsumen.

Pada akhirnya juga saya mempunyai RESELLER mulai dari ACEH sampai dengan ke PAPUA, hmm lumayan sibuk sehingga terkadang pekerjaan kantor juga sering tertunda, karena saya harus2 sering-sering ke ATM untuk deposit dan memindahkan uang dari rekening BANK A ke rekening BANK B. Bisnis ini berjalan hampir 2 tahun, memang secara financial belum menunjukkan hasil yang memuaskan, tetapi paling tidak saya telah belajar menjadi enterpreneur dengan 1/2 karyawan + 1/2 bos. so jangan banyak memilih bisnis yang cocok untuk pekerja.

BERSAMBUNG….  (Teman sejati sekalipun tidak akan mau berbisnis dengan anda…!)

Sebelum berakhir berikut Tips mulai berbisnis sambil bekerja, saat pekerjaan dan bisnis anda berjalan seimbang.:

  • Mulailah dari Hobby/Kesukaan, kalau kita memulai dari apa yang kita suka, tidak ada istilah malas atau bosan. Misalnya jika anda suka memancing maka saya yakin akan semangat ketika anda di ajak untuk mancing.
  • Pilih dan kenali pasar, dengan mengetahui target pasar yang tepat, pemilihan barang dan desain akan menjadi lebih terarah tapat sasaran. Tentunya memang pasar kita pertama adalah teman2 kantor karena biasanya dengan merekalah kita saling tukan info.
  • Pelajari produk yang sedang ngetren, ini penting agar barang anda selalu diminati dan akhirnya laris di pasaran, karena barang anda selalu uptodate.
  • Harga terjangkau, ini tepat untuk memancing klien agar berbelanja lebih banyak dan sering, sesuaikan harga sesuai usia dan pekerjaan konsumen, anda pasti tau dong ukuran penghasilan teman2 dikantor.
  • Lakukan sebagi selingan, nikmati setiap kerepotan dalam menjalankan bisnis ini, jangan sampai stress saat tidak laku. Anda kan masih memiliki pekerjaan utama.
  • Utamakan pekerjaan utama, pekerjaan anda di kantor sebaiknya menjadi prioritas utama. Hindari berdagang terlalu sering di kantor, hingga anda terkesan mengabaikan tugas-tugas. Anda akan malah disorot kurang profesional.

Jadi, siap untuk berbisnis sambil bekerja? Jawabannya Ayo…he, lanjutkan…..