Ada pendapat yang mengatakan bahwa suatu kepribadian yang dimiliki seseorang itu tidak mungkin bisa diubah. Ada juga yang mengatakan bahwa untuk mengubah karakter pribadi seseorang, akan membutuhkan waktu sepanjang hidup orang tersebut. Di negeri China bahkan ada sebuah peribahasa yang cukup lucu, menyatakan bahwa mengubah karakter pribadi seseorang itu, diibaratkan seperti mengasah sebuah tongkat besi sampai menjadi sekecil jarum jahit. Membuat sebuah jarum kecil dengan cara mengasah sebuah tongkat besi tentu saja membutuhkan waktu lama, disamping itu juga butuh tekad, keuletan, semangat juang, komitmen pribadi yang benar-benar tangguh; sehingga suatu saat sebuah tongkat besi akan benar-benar menjadi sebuah jarum kecil. Yah – itulah sebuah kenyataan sesungguhnya tentang mengubah suatu watak atau karakter pribadi, yang memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Saya sendiri sangat tidak setuju jika ada pendapat bahwa karakter pribadi seseorang tidak bisa berubah. Kalau memang ternyata seseorang tidak pernah berubah karakter dirinya menjadi lebih baik, meskipun dia telah mengikuti berbagai acara seminar ataupun pelatihan-pelatihan pengembangan diri; maka sebenarnya bukan karena kesalahan seminar ataupun pelatihannya, tetapi orang tersebut memang tidak mau berubah, tidak mau meluangkan sedikit waktu dan tenaganya untuk membuatnya berubah lebih baik. Saya yakin, bahwa suatu sikap mental atau karakter pribadi seseorang pasti masih bisa diubah, meskipun itu tentu saja membutuhkan waktu dan usaha yang benar-benar harus luar biasa prima. Satu hal kebenaran mendasar yang perlu Anda pahami, yaitu: karakter pribadi ataupun sikap mental pasti bisa diubah. Orang tidak pernah terlalu tua atau terlalu muda untuk bisa mengubah kepribadiannya lebih positif, lebih baik; dan memulai hidup baru dengan lebih produktif, kreatif, inovatif serta berani mengambil resiko dalam meraih keinginan dan cita-citanya.

Nah sekarang anda bisa melakukannya. Salah satu motivator saya mengatakan bahwa “You Can Do It”. Jadi apapun yang anda temukan jika anda selalu berfikir bahwa “I Can Do It” atau “Saya bisa melakukannya” pasti bisa. Bos saya dikantor selalu bilang bahwa “Kerja itu tidak susah” yang penting “Anda Mau”.

Jika Anda ingin sukses; maka Anda harus mau membentuk dan mengembangkan jiwa sukses itu di dalam diri Anda sendiri. Anda harus ada keinginan sekaligus kemauan untuk menjadi sukses. Keinginan dan kemauan untuk sukses itu sebuah pijakan; yang harus Anda tidak lanjuti dengan suatu perencanaan matang untuk meraih sukses dan mendapatkannya. Di dalam pelaksanaan meraih sebuah kesuksesan, Andapun harus mempunyai sikap ulet, tahan banting, pantang menyerah. Sebab jika tidak begitu, Anda akan mudah untuk berkata “saya gagal”. Sesungguhnya sukses memang harus direncanakan sejak awal, dan semestinya “gagal” itu tidak ada tetapi karena terlalu cepat berhenti dan menyerah.

Salam sukses, dapatkan ilmunya dipertemuan – pertemuan Unicore (Tiens Group)