Vertigo adalah suatu bentuk gangguan keseimbangan atau gangguan orientasi ruang dimana penderita merasakan atau melihat lingkungan bergerak, pada hal lingkungannya diam, atau penderita merasakan dirinya bergerak pada hal diam.

Vertigo dapat digolongkan sebagai salah satu bentuk gangguan keseimbangan atau gangguan orientasi di ruangan (1)Istilah yang sering digunakan oleh awam adalah: puyeng, sempoyongan, mumet, pusing, pening, tujuh keliling, rasa mengambang, kepala terasa enteng, rasa melayang (1). Vertigo perlu dipahami karena merupakan keluhan nomer tiga paling sering dikemukakan oleh penderita yang datang ke praktek umum, bahkan orang tua usia sekitar 75 tahun, 50 % datang ke dokter dengan keluhan vertigo.

Kelainan ini terjadi karena gangguan keseimbangan baik sentral atau perifer, kelainan pada telinga sering menyebabkan vertigo. Untuk menentukan kelainan yang menyebabkan vertigo dokter THT-KL biasanya akan melakukan pemeriksaan ENG (elektronistagmografi).

Untuk mengatasi bapak Budiman coba gunakan :

  1. Nutrient High Calcium Powder yang bisa membantu masalah syaraf dan bersifat menyenangkan.
  2. Benefecial yang sangat membantu membantu pemulihan atau menenangkan syaraf.
  3. Jika Calcium Powder dan Benefecial belum berfungsi maksimum, untuk memperlancar darah ke otak gunakan Vigour Rousing.
Iklan