Tawarkan Konsep Youth, Women dan Netizen.

Mengawali awal tahun 2011, pakar marketing nomor wahid Hermawan Kartajaya memukau para Marketer di Pekanbaru pada acara seminar awal tahun 2011 dengan topic The Marketing in Indonesia 2011. Semua terfokus pada pemasar nomor terwahid di Indonesia tersebut.

Tak aneh jika sekarang ini media jaring sosial seperti Facebook dan Twitter dijadikan sebagai media untuk suatu produk. Konsep marketing 2011 harus mengerti bagaimana kompetitor (competitior), konsumen (consumer) serta peluang (chance). Indonesia menjadi nomor 2 terbesar pengguna Facebook demikian jg dengan twitter dalam jangka waktu satu bulan bisa naik kelas dari nomor 3 menjadi nomor 2. So, bagaimana dengan anda?

Hampir 45 juta pengguna internet di Indonesia, peluang seperti ini menarik peluang belanja online terbesar asal Jepang sudah mulai mengembangkan sayapnya ke Indonesia.

Jangan sampai marketing Indonesia tidak tau market yang bergerak berubah secara dinamis. Low budget high impact. Saya yakin e-payment, online shooping, media social network akan menjadi media ampuh dalam dunia marketing 2011.

Lalu apa itu Konsep Youth, Women dan Netizen

Youth, tahun 2010 pertumbuhan penduduk diperkotaan (urban) diperkirakan 52%. Anak muda Indonesia cenderung ingin mencoba ber-inovasi dengan berbagai perubahan dan mencicipi produk baru dengan prosentasi 42%.

Women, hampir 84% mengatur anggaran rumah tangga dan bertindak selaku mengambil keputusan. Biasanya kalau perempuan (women) pergi ke luar kota, ia akan memikirkan oleh2 buat keluarga, anak-anak, suami serta anggota lainnya baru untuk dirinya sendiri. Lalu bagaimana dengan bapak-bapak?

Netizen,
Mungkin agak jarang kedengaran apa itu Netizen. Netizen itu adalah merupakan bahagian dari bahasa katan Internet (Net) dan Warga (Citizen) jadi Netizen, gitu ya? ada-ada saja…

Sederhananya, netizen adalah pengguna internet yang berpartisipasi aktif (berkomunikasi, mengeluarkan pendapat, berkolaborasi, dll) dalam media internet. Nah ini adalah menjadi peluang bagi para marketer untuk beberapa tahun ke depan.

Untuk itu, para marketer Indonesia diharapkan dapat menuju The Golden Bridge Indonesia . Untuk menggapai itu diperlukan 3C > 3S dan 3 R.

Apa itu 3C ? Connected | Credible | Creative selanjutnya
Apa itu 3S ? Survival | Succes | Sustainability dan harus dilengkap dengan
Apa itu 3 R? Respected | Responsible | Reputable

Yap, barang kali itu yang bisa saya kutip,mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat buat rekan-rekan. Pesan terakhir jangan sungkan-sungkan untuk bekerjasama dengan kompetitor.

Salam Marketing, Berakar & Bertumbuh
Erianto Simalango [dot] com

Iklan