Ada hal-hal sepele yang sebenarnya terbaikan ketika memberikan kepada pelanggan / customer ketika melakukan perbelanjaan baik itu ditoko maupun dimana usaha anda ada saat ini.

Menurut Iswarin Retailmen ada 10 Cara Terampuh meningkatkan omzet bisnis anda yang disebutkan dalam How to say it….

Perhatikan Transaksi sehari-hari/Daily transaction yang terjadi :
1. Tamu baru datang ke toko
Apabila ada tamu yang baru datang ke toko ( mulailah dengan image yang baik )
“Selamat pagi, selamat datang di sebtkan nama Perusahaan”–senyum / “ Good morning, welcome to sebutkan nama perusahaan” –smile

2. Selama berbelanja / shopping experience
Apabila ada tamu yang kelihatannya bingung dalam mencari barang
“ Ada yang bisa saya bantu carikan ? “ / “ Is there anything that I can help you find ?
Jangan pernah: “Mau cari apa, Mas?”
Apabila ada tamu yang beli kopi atau minuman panas lainnya
“Mungkin ada tambahan kue/ roti?” / “Would you like a pastry with your coffee this morning?

3. Customer mendekati counter
Apabila ada tamu yang menunggu untuk membayar “ Terima kasih sudah menunggu.” / “ Thank you for waiting

4. Customer menyerahkan produk yang dibeli kepada cashier
Apabila tamu sudah tiba di counter dan mau membayar.
“ Mungkin ada tambahan lagi ?” – suggestive selling / “ Anything else, sir? “
5. Cashier menginput product / posting
Mohon ditunggu ya pak, akan dihitung sebentar,
6. Customer melakukan pembayaran
Apabila menerima uang
“Uang yang saya terima Rp 100.000,-“ / “Total money that I receive is Rp 100.000,-
Apabila menerima uang yang telah rusak/sobek
“Maaf sekali, mungkin ada uang lainnya?” / “ I am sorry, do you have other note?” – sambil menunjukan uang yang robek.
Jangan pernah : “Wah ngga laku nih pak !”

7. Cashier menghitung uang kembali
Mohon dihitung dengan teliti yang yang akan dikembalikan
8. Cashier menyerahkan uang kembali
Apabila mengembalikan uang
“Ini, total kembalinya Rp 12.000,-“ / “This is your change, Rp 12.000,- “

9. Customer meninggalkan counter cashier
Apabila selesai transaksi ( tutup transaksi tamu dengan masih pelayanan / image yang baik )
“Terima kasih, silahkan datang kembali” / “ Thank you, please come again”

Bila anda sebagai owner dari toko anda, ada baiknya diberikan script ini kepada petugas layanan toko anda.

Iklan