Teringat ketika saya pernah menuliskan Menikmati Ikan Asap Selais yang saya  tulis di album Flickr.com. Tak kalah serungnya sehingga para tamu yang makan sampai tidak memperhatikan bahwa saya mengambil fotonya diam-diam. Mohon maaf ya :)?. Tetapi memang selain menjadi menu favorite kuliner di Pekanbaru, juga merupakan Oleh-Oleh khas Pekanbaru Riau.

Ikan Asap Di Pekanbaru, Ikan, Ikan Asap, Membuat Ikan Asap, Cara Membuat Ikan Asap, Pembuatan Ikan Asap, Pengolahan Ikan Asap, Ikan Lele Asap, Masak Ikan Asap, Masakan Ikan Asap, Mesin Ikan Asap, Pengasapan Ikan Lele, Ikan Bandeng Asap, Sni Ikan Asap

Ikan Asap Selais

Sekilas tentang Ikan Asap Selais Pekanbaru, Proses pengasapan ikan merupakan gabungan aktifitas penggaraman, penggeringan dan pengasapan. Adapun tujuan utama proses penggaraman dan penggeringan adalah membunuh bakteri dan membantu mempermudah melekatnya partikel-partikel asap waktu proses pengasapan berlangsung.

Dalam proses pengasapan,unsur yang paling berperan adalah asap yang dihasilkan dari pembakaran kayu. Pada pengasapan menghasilkan efek pengawetan yang berasal dari beberapa senyawa kimia yang terkandung di dalamnya, khususnya senyawa-senyawa :
-Aldehide ( formaldehide dan acetaldehyde), dan
-Asam-asam organic (asam semut dan asam cuka)

Pengasapan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengasapan dingin dan pengasapan panas

a. Pengasapan dingin (cold smoking) adalah proses pengasapan dengan cara meletakkan ikan yang akan diasap agak jauh dari sumber asap (tempat pembakaran kayu), dengan suhu sekitar 40 – 500C dengan lama proses pengasapan beberapa hari sampai dua minggu.

b. Pengasapan panas ( hot smoking )
Pengasapan panas (hot smoking) adalah proses pengasapan ikan dimana akan diasapi diletakkan cukup dekat dengan sumber asap. Suhu sekitar 70 – 1000C, lamanya pengasapan 2 – 4 jam.

Jadi pola pengasapan saja sudah rumit ya? sudah sepantasnya memang enak. Penasaran? Tentu anda bisa menikmatinya dimanapun tanpa harus datang ke Pekanbaru. Kami sudah menyediakan yang sudah siap kirim dan dibungkus rapi dalam ukuran 400gr. Ikan Selais yang menjadi ikon kota pekanbaru ini juga menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru Riau.

Butuh Ikan Asap Selais? di Pekanbaru Call Me Please Mr.Eric -0857 678 07007 | PIN 26248 BF4. Siap melakukan pengiriman ke Seluruh Penjuru Indonsia. Anda siap-siap MENIKMAT. Dilarang Ketagihan.

Iklan