Kalau kemarin saya sudah bercerita bagaimana pola pengasapan Ikan Asap Selais dengan judul Ikan Asap Selais LARIS manis di Pekanbaru maka pada saat ini juga saya ingin beritahu bahwa bila anda ingin tau bagaiman pola membuat Ikan Asap seperti dilansir blog cuek.wordpress.com adalah sebagai berikut :

Jual Ikan Asap, Jual Ikan Asap Selais di Pekanbaru

Cara Membuat Ikan Asap :

  1. Buang insang dan isi perut melalui tutup insang / rongga mulut dengan menggunakan pinset atau kawat lengkung
  2. Cuci bersih dan tiriskan
  3. Buat larutan garam 20 – 25% ( untuk 8 kg ikan siapkan 5 liter air dan tambahkan 1 – 1 ¼ kg gram )
  4. Rendam ikan dalam larutan garam tersebut selama 30 – 60 menit dan beri pemberat di atasnya agar ikan tidak terapung
  5. Cuci ikan , kemudian tiriskan sambil diangin-anginkan sampai permukaan ikan kelihatan kering. Penirisan ikan dengan cara mengantung ikan pada kawat (mengait bagian anus dengan posisi mulut di bawah)
  6. Nyalakan kayu bakar dalam rumah asap, sampai didapat asap dengan temperature ruang 60 – 700C
  7. Atur ikan di atas rak pengasapan kemudian lakukan proses pengasapan sampai ikan matang dan berwarna kuning kecoklatan mengkilap
  8. Keluarkan rak ikan dari rumah asap dan biarkan hingga dingin.

Kebetulan sekali bahwa Ikan Selais menjadi ikon dari kota pekanbaru, maka pada bahasan ini adalah Ikan Asap Selais Pekanbaru. Sesungguhnya anda tetap bisa membuat Ikan Asap yang lain seperti Ikan Asap Lele, Ikan Asab Baung dan lain sebagainya.

Cari Ikan Asap Selais di Pekanbaru? CallMe Please 24Jam Online Mr.Eric 0857 678 07007 siap mengirimkan ke Seluruh Indonesia dengan packingan 1/2Kg.

Iklan