Perkembangan dunia bisnis online saat ini memang sedang booming. Menurut survey yang saya baca di majalah marketing bulan lalu pada halaman 20 menyatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu bangsa Digital. Berbicara dengan bisnis online tidak terlepas dari dukungan perbakan seperti selama ini saya gunakan untuk transaksi online adalah Bank Bca dengan Klikbcanya.

Seiring dengan perkembangan tersebut tentunya memang dibarengi dengan berbagai persoalan seperti penipuan termasuk juga seperti email yang persis sama dengan email dari klikbca.com. Kalau saya tidak salah beberapa bulan yang lalu juga saya alami di internet banking mandiri dengan memberikan form kosong agar segera melakukan update data, yang notabene bertujuan ingin merekam data kita. Hal ini juga saya alami terhadap akun facebook saya pada bulan april lalu, sehingga akun fb saya akhirnya dihack.

Maka hari ini saya juga mendapat email yang sama dari klikbca.com yang sesungguhnya itu ternyata bukan dari bcanya sendiri, walapun saya belum dapat jawaban dari bca karena sudah saya kirimkan email, tetapi saya pastikan bahwa ini bukan dari bca. Untuk mohon diperhatikan, apabila anda menerima email seperti gambar berikut ini :

Penipuan dari klik bca, Klik Untuk MEMPERBESAR GAMBAR

Contoh Email dikirim ke saya ternyata palsu

Karena saya sering gunakan klikbca, bahkan hari ini ada 3 kali transfer, maka sayapun merasa ada sesuatu mungkin karena rutinitas agar lebih aman, maka saya buka, dan isinya sebagai berikut :

Penipuan Klik Bca, Klik untuk memperbesar

Email Palsu KlikBca.com

Pertama saya perhatikan pengirim, lihat panah pertama dari @klikbca.com sehingga saya yakin, kemudian saya klik link yang diberikan, sehingga tampil seperti gambar berikut :

Email Palsu Klik BCA

Form ISIAN Klik BCA yang palsu mirip bangat

Sekilas diperhatikan dari gambar di atas tidak ada yang mencurigakan karena mirip bangat dengan tampilan klik bca, cuma setelah saya sempat isi username dan password saya baru berfikir ada apa kok banyak bangat isian ternyata setelah amati semua, ternyata ini bukan tujuan keamanan atau pemutakhiran data melaikan pencurian data dengan membuat form yang mirip dengan klik bca sebenarnya. Hal ini saya curiga ketika melihat halaman webnya ternyata sudah berubah :

Email palsu peniupuan bca

Alamat URL beda dengan klikbca

Untuk itu tetap waspada dan hati – hati bahwa alamat klik bca yang sebenarnya adalah https://ibank.klikbca.com/ dari sinilah kecurigaan saya, ternyata alamat yang diberikan atau form yang diberikan adalah untuk merekam data yang kita berikan sehingga mereka bisa jebol akun internet bank kita. Tetap waspada dan hati-hati.

Artikel terkait :

Iklan