ikan-salai-selais, Ikan Salai

Ikan Salai Sudah di Goreng

Salai ini kan sebenarnya berarti diasap. Dan ini sih cuma bahasanya aja, kalau orang Sumatera khususnya di Riau bilangnya salai, kalo di Bandung kan ada Sale (pisang sale), katanya sih saya juga belum pernah lihat. Sebenernya juga di Manado ada pernah saya liaht di acara kuliner yang namanya ikan asap Roa, semuanya sama sebenarnya, tapi ikannya aja yang beda-beda. Kalau yang Manado punya cenderung ikan laut, sedangkan di Sumatera ikan tawar atau sungai seperti ikan baung, lele, sepat, gabus (ruting) dan Ikan Selais.

Bagaimana dengan Pekanbaru Riau? yang paling terkenal dan umum dipakai orang ikan selais. Tapi ya tergantung masaknya juga sih…kalau untuk disambal emang lebih enak selais karena setelah digoreng crunchy gitu, apalagi Ikan salai ini yang paling khas karena wanginya, apalagi kalau dimasak gulai..itu enak banget. Kelihatannya Ikan Asap Selais jelek ya, tapi rasanya enak banget, apalagi kalau digulai sama daun singkong…wuish….

Tentu anda tidak harus datang ke Pekanbaru untuk meluapkan rasa ingin menikmati ikan tersebut, cukup buka google anda dari smart phone ketikkan Jual Ikan Selais Pekanbaru maka ikan siap di antar sampai ke rumah. Hemat Energy!.

Ikan selais merupakan ikon kota Pekanbaru, dan sampai saat ini susah dibudidayakan, hanya mengandalakan tangkapan dari alam untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sedangkan ikan salai, merupakan ikan yang diasapi agar bertahan lama yang memiliki tekstur dan aroma yang khas. Salai ikan yang populer adalah salai ikan selais,  biasanya sering membeli di pasar Bawah untuk oleh-oleh pulang ke Jogja harganya cukup aduhai, 160 ribu/ kg seperti rasanya, di rumah makan, ikan salai dimasak dengan kuah gulai bersama daun pakis atau daun singkong dan kacang panjang.

Tulisan Terkait :