List Follow-up

Saya tidak tau apakah anda juga sering kebibungan kalau sudah ada di hadapan notebook anda, yang nota bene pada saat anda sedang BAB, sedang menyetir, atau sedang apalah, lalu tiba2 ada ide2 yang cemerlang. Tetapi ternyata ketika berada pada posisi yang pas dan santai ide itu bahkan hilang dengan sirna.

Saya tidak tau apakah itu kejenuhan atau tidak, tetapi saya mencoba mengatasinya dengan membuka2 arsip lama dan termasuk buka2 nomor kontak di handpone yang sudah penuh itu. Terkadang ada hal yang lucu ketika membaca ulang tulisan – tulisan yang sudah lama tidak tersentuh.

Saat saya membuat tulisan ini, saya bingung mau menulis apa saja, kok ide pada hilang, tidak selalu sesuai dengan rencana, yang dipikirkan A dan yang dikerjakan B. Apakah anda juga pernah mengalami hal yang sama seperti apa yang dialami banyak orang?. Untuk itu sebaiknya anda persiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan ide anda agar bisa di ingat kembali ketika anda bisa santai atau duduk sambil ngopi.

Saya teringat kenangan lama ketika saya menuliskan Berkenalan dengan prinsip 80/20 atau sering disebut dengan hukum Pareto. Banyak makna sesungguhnya yang bisa diartikand tulisan 80/20 tersebut. Tetapi pola itu saya lakukan untuk melakukan folow-up terhadap para pelanggan saya baik itu Kopi LIMMIT dan Kopi MIRACLE atau pun produk lainnya. Ternyata besar hampir 80% melakukan pembelanjaan kembali dari u-onestore.com.

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk follow-up sehingga melakukan pemesanan kembali (repeat order), biasanya saya menggunakan yang disebut dengan singkatan FORM (Family-Keluarga, Occupation-Pekerjaan, Recreasi-Rekreasi dan Motivation-Motivasi)

Jadi melakukan follow-up pun jangan semata hanya ingin mendapatkan transaki dan barang anda dibeli, walaupun sebenarnya itu adalah tujuan kita. Tetapi pastikanlah anda bisa menguasai pola FORM yang saya sebutkan di atas. Berbicaralah dengan sapaan awal “Apa kabar pak , xxxx ” sehingga beliau merasa dekat dengan anda dan mereka diperhatikan, pada hal nomor hpnya kita simpan. So, kita bisa manfaat yang lainnya Occupation, Rekreasi dan Motivasi). Selamat berjuang… betabisnis.com

Tulisan Terkait :