Jualan Lewat Blog

Blog juga ladang uang

Maklum saya sengaja membuat waktu makan siang saya lebih awal, sehingga sempat menuliskan cerita-ceritaku pada istirahat makan siang. Kebetulan dikantor saya tempat mencari berlian tidak ada sambungan internet, sehingga memanfaatkan fasilitas internet yang ada dari tetangga sebelah. Ketika teman yang punya laptop sedang makan saya sudah siap makan dan sudah siap minjam laptopnya untuk menuliskan ceritaku. Karena ternyata lebih efektif karena waktunya “Kepepet”. Emang betul apa kata pak Jaya Setia Budi dalam bukunya “The Power of Kepepet” apapun bisa dikerjakan atau dilakukan ketika kepepet seperti ketika orang dikejar anjing ternyata bisa lompat pagar walau ber kawat duri.

Ternyata diam – diam ada juga yang mau membaca tulisan saya yang kemarin, yang judulnya bingung saya buat apa, ya.. sehingga saya tulis saja “Ngak tau judulnya tapi yang penting sudah menuliskannya” dan sudah selesai, karena terkadang gara – gara mikirin judul saja waktu habis dan tidak sempat menuliskan isinya. Ok, kembali ke topik, bahwa apa yang saya tulis ada juga yang baca, sehingga tiba2 ada yang bilang, kalau cuma Buat Blog saja mah, gampang… saya udah punya, ini dan itu, persoalannya kan bagaimana itu bisa menghasilkan??? itu pertanyaannya kesaya.

Itulah kebiasaan kita, bahwa sering kali kita merasa sudah tau, sudah pintar tetapi tidak produktif. Sehingga selalu menyalahkan kondisi, karena merasa sudah melakukan sesuatu tapi kok tidak ada hasilnya. Karena apa? karena anda merasa pintar sehingga tidak mau pernah mendengarkan orang lain. Maka di facebook saya, pernah buat status, “Kita harus selalu seperti gelas kosong sehingga bisa di isi” dulu juga pernah saya tulis dengan judul “Komitmen“.

Ok? saya harap anda bisa mengerti apa yang saya utarakan di atas. Kalau anda sudah bisa buat blog, anda sudah maju satu langkah dibandingkan dengan yang lain, artinya paling tidak anda sudah action alias tidak bermain – main dengan pikiran anda.

Perlu saya  sekali bahwa untuk tahap awal silahkan anda mengisi aktifitas anda diblog, terserah deh mau baut apa saja isinya, yang penting berhubungan dengan apa yang anda lakukan sehingga asik untuk menuliskannya. Selanjutnya, anda juga harus mau membaca blog orang lain, karena dengan pola itu anda sambil belajar, kemudian perhatikan pola yang mereka lakukan untuk menulis suatu “content” dari sebuah blog. Content adalah isi dari suat blog.

Apa yang anda bisa perhatikan dari suatu tulisan atau content dari sebuah blog? :

  1. Perhatikanlah jumlah dari paragrafnya. Biasanya untuk menulis cukup buat 4-5 paragraf saja, tidak perlu panjang-panjang amat, sehingga tidak bosan orang untuk membacanya, jadi singkat, jelas dan padat.
  2. Pola penulisan seperti BOLD, ITALIC, UNDERLINE dan penulisan warna, dari pola penulisan juga anda bisa lihat, kenapa suat kata itu harus di Bold (tebal), Italic (italic), Underline (garis bawah) dan bahkan diberikan warna. Biasanya yang dilakukan itu adalah mengandung arti atau makna, atau itu merupakah kata kunci.
  3. Tulisan yang memiliki link (hubungan). Maksudnya adalah anda juga bisa mengamati ketika ada tulisan – tulisan yang mengandung link terhadap tulisan yang lain. Artinya tulisan tersebut membantu menghubungkan ke halaman yang lain, bisa saja merupakan referensi atau juga bisa memperkuat satu keyword (kata kunci).
  4. Gambar dan Video, bagi sebahagian blog mungkin jarang anda temukan video, tetapi untuk gambar biasanya selalu ada. Tetapi akan sangat menarik ketika dalam sebuah blog ada dibaeringi dengan gambar dan video, hal ini akan membuat pembaca semakin nyaman dan tidak bosan dengan tulisan saja.

Mungkin dari ke 4 tips di atas bisa anda temukan atau anda pelajari dalam berbagai blog yang bertebaran di Internet, jadi bukan sekedar bisa buat blog tapi tidak optimal. Semua itu akan bisa anda ketahui ketika anda mau bertanya dan belajar kepada orang – orang yang sudah lebih dulu melakukannya. Jadi bukan asal-asalan. Blog yang menghasilkan tergantung dari bagaimana anda bisa menulis content yang menarik.

Salah seorang ibu rumah tangga yang sukses dari blog hanya dengan menuliskan apa saja yang dibelanjakan setiap sang ibu pergi keluar kota atau keluar negeri, sehingga, banyak yang bertanya, kapan ibu ke luar kota lagi, saya mau nitip barang yang pernah ditulis diblognya. Nah… menghasilkan bukan? .. sampai ketemu di tulisan hari esok, ingat AMATI, TIRU dan MODIFIKASI….

So lambat laun juga Kalau bisa penghasilan 5juta sebulan cuma Facebookan dan Blackberryan kenapa tidak? tetapi tetap semua butuh proses, apa pendapat mu? bersambung ya….

Artiket menarik lainnya :

  1. Ngak tau judulnya tapi yang penting sudah menuliskannya
  2. Kalau bisa penghasilan 5juta sebulan cuma Facebookan dan Blackberryan
  3. Komitmen