Illustrasi Jalan, bukan jalan yang bener

Ya, seperti kata para penasehat, jika anda sedang berada dalam kebinungan atau sedang sesat saat ini, maka sebaiknya segeralah Kembali Kejalan Yang Benar. Daripada bingung cari judul yang tepat untuk tulisan – tulisan anda sebaiknya apa yang sedang terpikir langsung saja Action. Karena terkadang banyak mikir malah banyak lupa. Mengingat waktu sudah sangat sempit hanya tinggal 15 menit lagi, saya mencoba untuk melanjutkan cerita yang kemarin Blog juga bisa jadi ladang uang.

Apa maksud saya dengan judul “Kembalilah kejalan yang benar”? ya tentu ada maksud saya kenapa saya menuliskan itu. Kalau kemarin anda masih ingat point ke 7 dari tulisan saya yang tidak tau judulnya kemarin yaitu Belajarlah dari orang – orang yang sudah melakukan itulah yang saya maksud dengan kembali ke jalan yang bener. Artinya sudah membuat blog, sudah mengisinya dengan tulisan ngalar kidul (apa artinya ya) tetapi masih bingung mau mengarahkan kemana, tentu anda mulai cari orang – orang yang sudah ahli dibidangnya. Bagaimana caranya?

  1. Bergabunglah dengan jejaring sosial, salah satu cara yang paling efektif untuk mencari rekan – rekan yang se ide dengan kita adalah di lingkungan jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan lain-lain. Anda bisa mencari mereka dan menjadikan teman (add) sehingga lama – kelamaan anda bisa mengamati kebiasaan mereka atau anda bisa melihat website -website yang mereka rekomendasikan.
  2. Bergabunglah dengan forum – forum. Sebenarnya hampir sama dengan jejaring sosial tetapi forum memang dari dulunya sudah ada. Kemungkinan besar anda akan dapat informasi forum ini dari facebook sehingga tidak perlu ragu. Atau anda juga bisa cari di google, misalnya forum internet marketing, forum bisnis online, forum blogger dan lain sebagainya.
  3. Bergabunglah dengan milis, apa itu milis? mungkin itu pertanyaan anda, milis itu sama dengan grup. Yang paling terkenal saat ini adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com. Bagaiman bisa mencarinya, tentu anda bisa dengan bertanya diforum atau buka yahoo.com lalu cari nama forum yang anda inginkan. Ikutilah ketentuan yang berlaku sesuai dengan peraturan yang mereka buat.

Dari ketiga hal tersebut di atas, anda akan banyak gambaran, mau kejalan mana anda akan berlayar. Tetapi yang jelas, anda harus fokuskan pada hal yang anda sukai seperti saya sebutkan di awal sehingga akan lebih mudah menemukannya.  Saya teringat cerita teman waktu ikut Workshop Percetakan di Medan, bahwa ada 3 orang sahabat yang suka dengan kuliner. Setiap hari mereka mencari kuliner yang enak, unik dan baru. Nah dari setiap perjalanan mereka, selalu menuliskan diblog, foto, cerita makanan dan lainnya.

Ternyata banyak yang membaca, hingga pada waktunya mereka jadikan menjadi website. Apakah anda tau sekarang mereka sudah punya penghasilan dari kegiatan kulinernya, begini ceritanya :

  • Setiap ada rumah makan baru, restoran baru atau menu baru, mereka akan dicari ingin di promosikan di website mereka dan mereka akan selalu dapat bayaran.
  • ternyata para penikmat makanan juga mencari mereka, sebenarnya dimana makanan yang enak yang mereka rekomendasikan membuat mereka semakin terkenal
  • Ketika ada launching produk makanan, mereka juga diundang (dibayar) agar menghadiri launching tersebut dan nantinya akan dipublish diwebsitenya.

Itulah kisanya, sehingga jangan lama-lama ketika anda ingin “Kembali kejalan yang benar” carilah penasehat-penasehat yang bisa membimbing anda, hingga kelak bermanfaat bagi nusa dan bangsa serta siapapun di diunia ini. So, mulailah fokus karena sekarang yang perlu adalah pondasinya. Jangan pengen – ini dan itu pada hal – hal basic. Mungkin udah dulu ya? kita sambung lagi besok, bersambung….

Menarik untuk dibaca, artikel di bawah ini :

  1. Blog juga bisa jadi ladang uang
  2. Tidak tau judulnya
  3. Blog juga bisa jadi ladang uang
  4. Lupa pada hal – hal basic