Kegagalan AndaTuhan tidak pernah meninggalkan kita, walaupun kita tidak setia, tetapi Dia tetap setia untuk menggenapi janjinya. Dalam setiap kehidupa kita sering kali menghadapi persoalan-persoalan hidup yang kadang kala menurut kita tidak masuk akal bahkan kita berani mengatakan Tuhan itu tidak adil. Tetapi sesungguhnya manusia di dunia ini terlahirkan untuk menyelesaikan masalah, karena tanpa masalah ibarat makan sayur tanpa garam.

Bagi yang bisa memposisikan diri dari berbagai sudut padang yang berbeda, jika anda “Mengdari masalah, maka anda tidak akan pernah jadi orang yang memecahkannya” (Richard Bach). Saya jadi teringat waktu baca salah satu Majalah Edisi Februari 2013 yang lalu dalam kolom Enterpreneuship, oleh Frans S. Perkasa pengusaha Furniture yang mengatakan demikian :

Weiji kada dalam bahasa China yang berarti krisis. Jika kata tersebut dipisahkan “Wei” berarti bahaya dan “Ji ” berarti peluang. Dalam pepatah cina kuno, a crisis in an opportunity riding the dangerous wind” dimana Krisis sebenarnya mempunya wajah ganda yaitu bahaya dengan situasi yang menyulitkan dan peluang atau kesempatan untuk meraih keuntungan.

Saya jadi teringat ketika krisis ekonomi global 2008 ketika itu saya memiliki bisnis sampingan direct selling Pupuk Hayati Ramah Lingkungan dan beberapa produk kesehatan herbal tiba-tiba drop dan hampir kehilangan 90% pelanggan membuat saya pusing padahal sudah habis tenaga, waktu dan modal. Tidak lama kemudian saya harus mencari solusi karena ada biaya yang harus ditutupi. Tetapi saya yakin bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita dan memberikan pikiran yang jernih untuk tetap memberikan peluang yang baru. Akhirnya saya mulai menjual produk orang lain berupa oleh  – oleh khas pekanbaru.

Saya menyadari Bagi seekor burung rajawali, satu-satunya hambatan untuk terbang lebih cepat dan nyaman adalah udara. Tetapi jika udara itu diambil dan burung tersebut dibiarkan terbang dalam kehampaan tanpa udara, burung rajawali itu segera jatuh ke tanah dan tidak dapat terbang sama sekali.

Hambatan utama yang harus diatasi oleh sebuah perahu bermotor adalah air yang menyentuh baling-baling perahu. Tetapi jika tidak ada air sebagai penahan, perahu ini justru tidak dapat bergerak sama sekali. Hukum yang sama juga berlaku bagi kehidupan manusia. Hambatan adalah kondisi yang ‘harus ada’ bagi kesuksesan. Sebuah kehidupan yang terbebas dari hambatan dan kesulitan akan mengurangi semua kemungkinan dan daya sampai ke titik nol. Maka Larilah dari masalah Anda jauh-jauh, dan kehidupan Anda akan kehilangan daya kreatif! Saya jadi teringat video “your failures do not define you” artinya “Kegagalan Anda tidak mendefinisikan Anda”

Kita semua memiliki kecenderungan ingin terbebas dari semua masalah dan tanggung jawab. Ketika masalah datang, berikanlah makna baru pada permasalahan itu. Kemudian hadapi, kreatif lah, dan kalahkan masalah itu.. Jadilah pemenang jangan jadi Pecundang.

Hari ini saya selalu menerima order dari setiap bisnis online yang saya kelola atas kemenangan saya terus berjuang hingga saat ini.

Artikel Terkait :

  1. Ahli dalam KESABARAN adalah AHLI dalam SEGALA hal
  2. Kembalilah ke jalan yang benar
  3. Mengungkit yang sudah lama tertanam
  4. Berdoa harus jelas agar Tuhan tidak salah mengabulkan doa kita
  5. MARISOL VALLES GARCIA