Baru saja pada 11 April 2013 yang lalu acara On Becoming Local Service Champion yang diadakan oleh Markplus di Hotel Pangeran Pekanbaru berlalu. Mengingatkan saya kembali pada acara seminar 3 tahun lalu seperti pernah saya tulis sebelumnya dan trend itu masih tetap menjadi topik dan pesan berharga dari Guru Marketing Hermawan Kertajaya yang disampaikan pada acara tersebut.

Yang perlu digaris bawahi terutama “Jangan lupakan yang muda” artinya dalam setiap proses bisnis anda jangan sampai melupakan generasi muda sebagai bahagian penting dari bisnis anda (market) salah satu dari 3 subyek marketing anda. Sama seperti proses demokrasi yang sedang berlangsung dinegara kita yang sedang menaikkan pamor “yang muda berkreasi”.

Topik atau pesan penting yang saya maksud di atas untuk target market anda adalah 3 subyek yang mempengaruhi marketing antara lain :

  1. Youth; Kenapa youth karena memang Youth menjadi generasi penerus, yang tua akan semakin tua dan yang muda terus akan semakin energik dan sebahagian mulai menduduki tingkat profesionalime. Tentu gaya hidupnya lebih tidak stabil dibanding dengan parang generasi yang sudah lebih tua dalam hal ini lebih agresif dalam bertindak.
  2. Woman; Wanita masih dianggap memilik peran penting dalam keluarga terutama dalam pengelolaan keuangan, untuk itu dalam anggaran belanja, keputusan masih dominan dimiliki oleh kaum wanita yang dianggap lebih telaten dalam hal pengelolaan keuangan. Jadi keputusan untuk melakukan pembelian (belanja) ada ditangan oleh para wanita.
  3. Netizen; Yang menarik dari yang ketiga ini adalah trend pengguna internet yang terus bertumbuh di Indonesia, kalau saya tidak salah hampir melebihi 50jt pengguna dan rata-rata setiap orang menghabiskan waktu di internet minimal 20menit, apakah itu untuk social media, belanja online, membaca berita dan lain sebagainya. Lalu kenapa bisnis anda tidak mulai menyentuh dunia ini? disamping itu, hati2 kalau merek, pelayanan atau apapun yang berhubungan dengan bisnis anda, sekali diteriakin disosial media sosial maka penyebarannya akan sangat cepat apalagi yang teriak itu mempunyai pengaruh besar.

Seminar di Pekanbaru

Acara seminar ini dihadiri oleh para excutive dari perusahaan terutama bagi mereka yang menerima penghargaan baik itu dibidang banking, service provider, dealer dan lain sebagainya. Anda sudah siap untum pedekate dengan 3 subyek  tersebut? Youth, Woman dan Netizen?

ARTIKEL TERKAIT :