Hari ini, anda tau hari apa? Mungkin ada yang tidak sadar, sehingga kemungkinan ada yang bisa terjebak dijalan karena macet tetapi ada juga yang sudah tau sehingga bisa lebih cepat kekantor atau menggunakan jalur alternatif sehingga bisa sampai ketujuan. Ya, tepatnya hari ini Hari Pekerja 1 Mei 2013.

Selamat Hari Pekerja 1 Mei 2013.

Saya mengucapkan apresiasi yang sebesarnya kepada Asosiasi Pekerja di Makassar yang merayakan hari pekerja dengan cara positif. Semalam saya mendengarkan informasi bahwa sebagian pekerja di Makassar merayakan Hari Pekerja ini dengan melakukan kegiatan bakti sosial.

Sayang nya sebagian lainnya melakukan demonstrasi. Salah satu yang menjadi fokus dari demonstrasi itu adalah kenaikan upah. Kalau kita lihat sekilas Video dari TVOne berikut ini :

Kemudian Pertanyaan kepada teman-teman atau rekan pekerja adalah, apakah mereka telah meningkatkan kualitas sumber daya mereka dengan mengupgrade skill dan kemampuan mereka. Dengan melakukan ini, maka upah merupakan dampak dari kualitas pekerja sendiri. Artinya semakin pekerja memiliki kualitas maka semakin ia dihargai dengan tingkat gaji yang tinggi. Juga harus memperhatikan produktivitas, bagaimana mungkin rekan-rekan pekerja mengharapkan perusahaan memberikan upa yang besar kalau tingkat produktivitas rendah, memilih2 pekerjaan, tidak mau ikut andil dan lain sebagainya.

mayday hari buruhBagaimana dengan perusahaan yang tidak menghargai kualitas SDM nya? Seorang kawan pernah berbagi bahwa ia yakin memiliki kompetensi dan meminta kenaikan gaji yang tidak disetujui atasan nya sehingga ia memajukan dirinya untuk resign. Kurang dari seminggu kemudian, ia telah mendapatkan 3 tawaran pekerjaan baru dengan gaji yang seperti ia inginkan. Inilah yang pernah saya tulis dalam status saya di facebook, “Carilah DIREKTUR yang mau menggaji anda tinggi“, yang penting anda tau caranya dan anda memang siap dengan kompetensi yang dibutuhkan.

So, sesuai dengan judulnya, teman-teman dapat memilih untuk tertekan dengan situasi perusahaan atau merasa tertantang mengupgrade kompetensi diri anda. Banyak mengeluh tetapi tetap menerima, itu sama saja seperti kata Albert Einstein, “Mengharapkan yang berbeda dengan tindakan yang sama itu = orang gila”.

Selamat Hari Pekerja, 1 Mei 2013, Salam Sukses, Tertekan atau Tertantang…..