Sudah hampir 2 minggu saya tidak menulis, kadang – kadang ketika jauh dari laptop ide begitu banyak hal yang ingin kutuliskan, tetapi ketika sudah berhadapan dengan laptop, sepertinya ide itu hilang semua. Saya jadi ingat tulisan saya yang judulnya Ngak tau judulnya tapi yang penting sudah menuliskannya. Ketidak fokusan sepertinya membuat hal ini terjadi, termasuk keterbatasan waktu.

Jualan Lewat Blog

Blog juga ladang uang

Tapi ada yang menarik, tepatnya Selasa, 29 Mei 2013 salah satu teman yang pernah saya mentor’in optimasi bisnis online mengajak saya untuk ketemuan di salah satu cafe di Pekanbaru, kalau gak salah ReCaffe Platinum. Hanya meleset 10 menit dari waktu yang kami janjikan. Saya hanya berfikir bahwa kami akan membahas tindak lanjut dari Optimasi Bisnis Online yang sudah pernah saya ajarkan. hmm, ternyat bukan itu…. anda mau tau, atau mau tau banyak…. 😉

Ternyata saudara, saya diajak untuk bisnis seperti apa yang saya geluti pada tahun 2009, yang disebut dengan Personal Franchise.  Saya jadi ingat harus keluar larut malam dari rumah yang satu kerumah yang lain untuk cari target. Karena hari kerja juga tetap harus kerja sehingga harus meluangkan waktu pada malam hari dan hari2 libut seperti sabtu dan minggu, karena dengan cara inilah yang disebut dengan membangun asset. Apakah ada yang salah…?? sebenarnya tidak, tetapi kita memang harus mulai kerja smart dan kerja keras…..

Saya salut kepada temanku yang masih berjuang untuk mengembangkan bisnis Multi Level Marketing (MLM), karena memang pembelajaran dalam bisnis ini sangat banyak dan butuh kedisplinan yang kuta untuk belajar. Ada 7 langkah sukses yang masih saya ingat dalam bisnis ini yang pernah saya jalani dan mungkin bisa kita gunakan dalam bisnis kita yang lain :

  1. Memiliki Impian (Dream) untuk sukses harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Memiliki Daftar Nama, ingatlah bahwa banyak teman banyak rezeki
  3. Membuat Janji, jika anda punya teman sebaiknya buat janji jika ingin ketemu, agar lebih mudah menyampaikan pesan yang ingin anda sampaikan.
  4. Presentasi, istilah kerennya Presentasi, tetapi sesungguhnya anda harus ketemu dan bertatap muka sehingga lebih jelas apakah wajahnya masih sama seperti semula? sehingga pembicaraan lebih baik, terutama membicarakan bisnis
  5. Tindak lanjut (follow-up), jangan lupa cinta yang anda ungkapkan belum tentu langsung diterima, tetapi anda harus memastikan apakah benar2 dia tidak menyesal menolak cinta anda? maka perlu ditindaklanjuti
  6. Menggunakan Produk, apapun yang ingin anda sampaikan kepada teman anda, sebaiknya anda sudah melakukan terlebih dahulu, jangan mengatakan anda harus baik sementara anda kurang baik, jangan bilang produk ini bagus, sementara anda tidak pernah gunakan
  7. Menggunakan alat bantu. Untuk sukses tidak bisa sendiri, tentu harus anda alat bantu sebagai daya ungkit, bisa berbagai macam sesuai kebutuhan pada bidang yang anda geluti.

Hingga sekarang saya masih menganut prinsip ini walapun saya tidak lagi bergelut di bisnis itu secara 100%, tetapi prinsip sukses dimana saja pasti sama, anda mau?