Pengalaman menarik setelah mendarat di bandara internasional kuala namu medan, akhirnya rasa penasaran selama ini terjawab sudah. Seperti biasa setiap bulan harus pergi ke Samosir untuk ketemu soulmate dan jajarannya (bidadari dan pangeranku).

Setelah mencoba via darat dengan bus, juga mencoba lewat bandara internasional polonia bahkan juga pernah bandara silangit siborongborong tapanuli utara dengan sky air tetapi sayang sekali cuma 1 kali, karena penerbangan lansung tutup. Tidak terasa setiap bulan selama hampir 2 tahun setor muka ke samosir.

Tetapi bukan itu yang ingin saya ceritakan, rasa kesal juga ada, karena sudah terbiasa dekat dari bandara internasional polonia langsung dijemput travel medan samosir tanpa tambahan charge kali ini harus menambah beban biaya dari bandara internasional kuala namu ke Medan lagi, hmm… pengeluaran – pengeluaran terus…

Tidak apalah, mencoba tak mengapa, saya berangkat dari Pekanbaru tujuan Bandara internasional kuala namu medan tepatnya 12.15 naik Sriwijaya.

Pekanbaru Kualanamu Medan

Foto via BlackBerry (hanya untuk ngeblog & share)

Sudah lama tidak naik penerbangan ini, hmm, ada enaknya ternyata dibanding yang lain, selama ini saya tidak lagi pernah merasakan snack dalam penerbangan, eh dalam sriwijaya yang hanya memakan waktu, 50menit ke medan diberikan snack, hanya saja apakah karena pas jam 12? hanya merekalah yang tau…..

Mungkin anda sudah juga sering ke medan, termasuk setelah 2 bulan dibuka bandara internasional kuala namu medan, tetapi bagi teman-teman yang belum mudah-mudahan ini tulisan ini bermanfaat. Ternyat bener, luar biasa menurut saya, sekilas foto-foto yang bisa saya ambil menggunakan black berry.

Bandara Kualanamu Medan

Setelah Keluar dari Pesawat menuju ruang tunggu

Yah menurut saya sih ada lebih baik sedikit dari Cengkareng, kebetulan belum lama ini  dalam acara Langkah baru menuju 10juta pertama di Cisarua Bogor mampir melalui Cengkareng, ya luasnya memang bandara internasional kuala namu medan jauh dari bandara sebelumnya polonia.

kualanamu-medan

Proses pembangunan masih berjalan, sehingga banyak pihak yang menyatakan bahwa sebenarnya bandara internasional kuala namu medan belum siap, buktinya ini dan itu, tetapi menurut saya ini menjadi suatu kebanggaan, karena kalau tidak dimulai start opening kapan lagi? waktu akan menentukan semua, karena tidak ada yang sempurna kalau tidak disempurnakan…

jadwal-kereta-api-kualanamu-medan

Jadwal-kereta-api-kualanamu-medan

Nah apa sih yang di khawatirkan banyak orang? Yang di khawatirkan adalah transportasi karena Jarak kuala namu ke medan diperkirakan 35-40km yang dapat ditempuh dengan kereta api sekitar 30-35menit. Kalau naik bus saya belum tau karena memang saya pada saat itu naik Kereta, gambar di atas adalah jadwal kereta api kualanaamu medan dan jadwal kereta api medan kualanaamu dengan biaya hanya Rp. 80.000,-

Setelah masuk ruang tunggu, melewati pengambilan bagasi dari pesawat tidak jauh setelah itu akan langsung ketemu stasiun kereta api dan bisa langsung melakukan pembelian tiket di tempat yang sama, tidak harus keluar dari gedung air port.

Tiket Kereta Api Kualanamu

Kereta Api Airport Railink Services dari kualamu ke medan dan sebaliknya akan berhenti di Merdeka Walk dengan perjalanan kurang lebih 35menit. Lama menunggu memang yang membuat kita menjadi bosan, karena saya sudah tiba di sekitar 13.20WIB di Medan dan harus menunggu hingga 14.55WIB sesuai dengan jadwal kereta api yang ada. Cukup bagus dan nyaman menggunakan keretanya walapun memang sebenarnya sudah tua…..

Seperti naik ke pesawat, sudah ditentukan seat dan pintu masuk, seperti pada tiket saya di atas, masuk dari pintu K5 dengan seat 9C. Walapun demikian masih banyak yang salah masuk, sudah dibuat dari pintu K5 artinya gerbong ke 5 masih ada yang masuk ke pintu 4. Berikut ini adalah petunjuknya.

kereta-api-kualanamu-medan1
Gambar ini saya ambil, menunjukkan bahwa untuk pintuk masuk K1 dan K2 adalah untuk tempat gerbong pertama dan gerbong kedua.

Untuk anda yang baru pertama kali jalan ke Medan melalui bandara internasional kuala namu medan mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Ditunggu komentarnya ya….