Semua orang tua yang memiliki anak didik untuk masuk sekolah tahun ini lumayan pusing. Pusing dengan berbagai hal, baik itu biaya pendidikan, pilihan sekolah, pilihan jurusan dan lain sebagainya. Kalau anaknya yang yang berumur 5 tahun masuk TK, yang umur 7tahun masuk SD, yang lulus SD masuk SMP, lulus SMP masuk SMA dan lulus SMA sederajat masuk ke Perguruan Tinggi. Bukan hal yang baru sebenarnya, karena ini berulang setiap tahunnya.

Orang Tua BingungYang paling menarik adalah banyak berlomba – lomba ingin sekolah terbaik dimasing – masing daerahnya. Karena saya di Pekanbaru tentu saya berbicara secara spesifik daerah saya saja. Misalnya masuk ke sekolah tingkat SMP, SMA / SMK terbaik dan kalau bisa Negeri dengan alasan untuk biaya pendidikan yang lebih murah. Saya akan berbicara lebih murah, karena memang belum ada biaya pendidikan yang gratis 100%, karena masih ada biaya lain seperti uang baju dan lain sebagainya.

Saya sekilas mendengar percakapan orang tua, ketika mendaftarkan anaknya di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Ketika mendaftar ke SMK tersebut sang ayah bingung sama halnya dengan orang tua lainnya mau memilih jurusan yang cocok buat anaknya. Harapan dari rumah ingin jurusan Komputer saja atau Jurusan Listrik saja atau Jurusan Elektronika. Bahkan ada orang tua yang mengantar anak kesekolah tersebut belum tau memilih jurusan apa untuk anaknya yang penting melanjutkan sekolah setelah lulus dari SMP.

Saya jadi teringat waktu dulu ketika lulus SMK, banyak teman-teman yang pergi ke perguruan tinggi hanya karena ikut temannya yang lain pergi mendaftar ke perguruan tinggi. Setelah kelas tiga biasanya saling bertanya kesesama teman, nanti setelah lulus kuliah mau kemana? karena temannya ingin ke Fakultas Keguruan, maka dia juga ikutan sama seperti temannya yang lain.

Kembali keapada orang tua yang pergi kesekolah tadi, setelah ditanya ingin jurusan komputer ternyata jurusan tersebut dibagi lagi, seperti Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sedangkan untuk jurusan Listrik ada yang Listrik Tegangan Tinggi dan Listrik Tegangan Rendah begitulah seterusnya. Apabila ditanya si anak yang ingin melanjutkan juga bingung, kalau anak didik sudah bingung bagaimana dengan orang tua yang juga kebingungan karena tidak tau dengan jurusan itu?

Beberapa hari yang lalu saya seminar tentang bagaimana cara mendapatkan modal dari kartu kredit dan KTA (Kredit Tanpa Agunan), salah satu kegagalan untuk mendapatkan modal diakibatkan oleh karena dadakan tanpa persiapan. Sering kali kita meminjam ke Bank ketika kita sudah kepepet. Padahal Bank itu sendiri, akan mau memberikan pinjaman kepada kita setelah ada penilaian, track record, apakah itu dari slip gaji, transaksi rekening atau rekening koran dan lain sebagainya. Akhirnya karena kita sudah kepepet dan bank belum juga memberikan kredit (pinjaman) kitapun akhirnya memilih untuk mengambil dari rentenir dengan bunga tinggi.

Lalu apa yang terjadi?

bingung masuk kuliah

Kok….. apa hubungannya dengan pemilihan jurusan? tentu ada, sering kali kita menentukan jurusan yang cocok buat anak ketika sudah mau mendaftar sekolah. Padahal ada banyak waktu yang bisa kita gunakan jauh-jauh hari misalnya sejak kelas 2 SMP yang ingin masuk ke SMA/SMK atau dari SMK ke Perguruan Tinggi. Kita sebagai orang tua tentunya harusnya menjadi konsultan buat anak-anak kita yang ingin masuk sekolah. Bukan berarti kita yang menentukan, tetapi paling tidak memberikan gambaran. Jadi kita sendiri harus sudah belajar terlebih dahulu tentang pilihan anak sebelum anak tersebut masuk ke pilihannya. Baik itu dengan cara browsing di internet atau bisa mendatangi beberapa sekolah yang menjadi tujuan dengan mengambil brosur atau bertanya2 tentang sekolah tersebut sehingga lebih jelas nantinya waktu mendaftar.

tetapi apapun itu bukannya saya mau mengajari, tetapi coba share pendapat di blog ini, kali aja bermanfaat, jika anda punya pendapat lain silahkan komentar di bawah ini.

Jual Kopi LImmit Murah

ARTIKEL LAINNYA :

  1. Cuci Gudang
  2. Tulus seperti Merpati Cerdik seperti Ular SABAR seperti Serigala
  3. MayDay, Tertekan atau Tertantang
  4. Mental Pemenang tidak pernah mudah menyerah
  5. Strategi Menghasilkan 3jt perbulan dari Online
  6. Bisnis Butuh Modal?