Kalau kemarin saya bercerita tentang kebingungan orang tua untuk menentukan jurusan terhadap anaknya. Pertanyaan yang muncul dalam benak saya, apakah hubungannya dengan pengangguran?
Kebetulan sekali memang, saya baru saja selesai membaca tulisan Pengangguran dan Ketenagakerjaan dalam Dunia Digital. Apakah menurut anda ada hubungannya pengangguran dengan salah pemilihan jurusan pada waktu berada dalam dunia pendidikan?

tips mengatasi pengangguran

Seperti dirilis oleh Majalah Marketing edisi Mei 2014, bahwa salah satu permasalahan ekonomi Indonesia dari dulu hingga sekarang yang tak kunjung selesai adalah soal pengangguran. Jumlah pencari kerja setiap tahunnya terus meningkat. Berdasarkan survey dari JobsDB, jumlah pencari kerja tahun 2013 ada mencapai 30jt jiwa 25% dari angka tersebut adalah mereka yang belum pernah bekerja atau fresh graduate. Dilain pihak daya serap perusahaan terhadap tenaga kerja tidak bisa mengimbangi.

Ironisnya, saat ini banyak perusahaan yang mengalami kesulitan mencari pekerja yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Beberapa perusahaan bahkan membiarkan sebuah posisi kosong hingga berbulan-bulan akibat belum menemukan tenaga kerja yang dibutuhkan. Disi lain ada banyak pencari kerja di Indonesia yang mengeluh karena sulitnya menemukan pekerjaan.

Sosial Media Marketing

Sebagai Provokator Internet Marketing, saya melihat bahwa dalam perusahaan sudah ada yang membuka posisi baru seperti Sosial Media Manager, Sosial Media Analyst, Sosial Media Marketing dan lain sebagainya ternyata saat ini belum ada yang bisa mengisi posisi tersebut karena para fresh graduate masih mengandalkan pendidikan semata yang ada dalam kampus. Padahal ada banyak pendidikan nor-formal yang diluar kampus yang menyediakan ini.

Kemudian disisi lain bahwa banyak juga perusahaan periklanan atau agency yang membutuhkan tenaga-tenaga penulis online yang mampu menulis secara SEO sebagaimana dibutuhkan oleh mesin pencari. Sebaiknya mempersiapkan diri untuk hal – hal yang demikian. Pertanyaannya adalah apakah memang sulit mencari pekerjaan atau pekerjaan yang sulit mencari tenaga kerjanya?

Apakah ada kaitannya dengan salah jurusan waktu masuk sekolah atau perguruan tinggi? Kebetulan ini momennya masuk sekolah, telitilah sebelum mengambil jurusan……

Jual Kopi LImmit Murah

ARTIKEL LAINNYA :

  1. Di Internet, Cerita adalah Segalanya
  2. Bisnis Online untuk Memanfaatkan Waktu Luang aja
  3. Private Bisnis Online tidak semahal konsultasi dengan dokter
  4. Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Iklan