“life is easy if you live it the hard way, and hard if you live it the easy way.” David Kekich, CEO

Seperti saya bilang kemarin bahwa Bisnis online memang menggiurkan dan menjanjikan keuntungan ribuan bahkan puluhan ribu dolar dalam sebulan. Mungkin saat ini kamu bertanya-tanya, apakah hal itu mungkin terjadi pada saya? Jawabannya, YA! Tentu saja dengan catatan, kamu harus punya mindset yang benar dulu. Bukan melulu hanya bisnis online, bisnis apapun jika mau menekuninya. Tapikan…… tidak ada tapi-tapian…..

Mindset Sukses Bisnis Online

Lakukan. Membaca Saja Tidak Cukup

Nah salah satu pengalaman waktu ikut di bisnis online namanya PTC, Paid To Clikc, artinya kita dibayar hanya dengan cara mengklik iklan yang sudah disedikan dan dibayar sesuai dengan tarif yang sudah disediakan, tau gak tarifnya ada yang $0.05 sehari, $ 0.1 sehari, nah untuk ngumpulin $100 dolar gmana coba, pada hal katanya bisnis online itu bisa miliyaran pertahun hasil, sepertinya omong kosong ya. Sehingga muncul rasa bosan sayapun pindah ke yang lain, intinya tetap masih mencari dan mencari, kemudian tidak sadar banyak yang sudah ditemukan tapi hanya dibaca saja sebagai koleksi buat ditunjukin sama orang lain, pamer…..

Pada hal bukan itu, harusnya setelah mencari dan mengumpulkan, baru membacanya untuk selanjutnya dilakukan bukan hanya dibaca doang. Nah mungkin pengalaman saya ini juga sering di alami oleh anda atau orang lain, pengennya cepet aja, punya penghasilan $100 perhari tetapi tidak melakukan. Bisa dibayangkan sudah dari sejak 2001 hanya mencari dan mencari bisnis yang bagus untuk menghasilkan, padahal kalau sudah fokus dari dulu sudah berapa dolar yang terkumpul.

Jangan Hanya Mencoba. Ini Bisnis, Bukan Hobi

Kebanyakan orang hanya mencoba sekali, dua kali. Sebulan, dua bulan, lalu bosen. Itulah yang saya lakukan dulu. Karena menganggap bisnis online hanya sekedar hobi dan kesenangan. Bila dilakukan secara serius, bisnis online bisa mendatangkan keuntungan yang luar biasa, tapi butuh waktu dan kesabaran. Yang jadi masalah gini. Masih sama seperti saya yang bekerja full-time di kantor. Pulang kantor kadang udah capek, tapi masih harus ngerjain bisnis online. Makanya sering kali bosan dan tidak sabaran, tetapi tanpa disadari juga kita akan melewati waktu-waktu itu hanya begitu saja dan bisnis pun tinggal begitu saja. Trust me, i know. sudah mengalami lebih dulu.

Yang harus diperhatikan adalah bagaimana caranya bisnis kita bisa berkembang. Mau sampai kapan coba kalau saya hanya ngeklik iklan dan ngerjain setiap hari dengan penghasilan $0.01? Emang nggak capek? Tetapi inilah bahagian dari proses yang harus dilalui, setelah saya ikut PTC tadi, saya juga ikut Afiliate, ikut Dropship, ikut PTR (Paid To Review) dan lain sebagainya. Dari pembelajaran itu terus belajar bisnis ini dengan cara beli buku, beli ebook, beli video dan ikut seminar dan pelatihan. Kalau sudah tau caranya semua terasa mudah, memang belum miliyaran tetapi ada kali lipatnya dari penghasilan yang dari kantor. Tapi inget ya, jangan hanya nyoba-nyoba, diseriusin gitu lho. terserah deh mau bisnis apapun, ini bicaranya bisnis online karena memang menggeluti itu,

Stop Mengharapkan Sesuatu Yang Sifatnya Instant

Di dunia bisnis online, tidak ada yang instant. Bahkan dimanapun itu tidak ada ya, Jangan terjebak fantasi dan iming-iming “Rahasia Mendapatkan Uang Di Internet Secara Instant”. Karena tulisan – tulisan di internet godaannya dasyat bangat, hanya investasi 1 kali hasilnya berlipat-lipat, itu tidak ada. Makanya mindset (pola pikir) dibenarkan dulu semua butuh proses. Jadi tidak ada modal nol hari ini besoknya langsung bisa dapet puluhan ratusan dolar.

Kita harus bangun bisnis. Baru nanti kalo bisnis kita udah jalan, ya memang bisa dalam sehari mengeruk puluhan bahkan sampai ratusan dolar. Kok ngomongnya dolar sih, emang penghasilanna dolar ya? Ngak juga, tapi biar ngomongnya enak gitu lho, penghasilan bisa saja Rp. 100.000,- hari tapi kalau ngomongnya itu $ 10,- (sepuluh dolar) kan lebih enam, agar orang lain yang mendengar juga mikir dulu sambil cari kurs berapa rupiahnya. Masih gak percaya, guru saya pak Agus Piranha Mas dapat pesanan buat website tampil di halaman 1 google dibayar $ 95.000,- (kurs 10.000) Semua itu ngga didapatkan dengan cara instant, butuh kerja keras dan dedikasi.

Saya sendiri butuh waktu sekitar dari tahun 2010 untuk melakukan research, belajar sana-sini sampai akhirnya menemukan cara menjalankan bisnis online yang benar itu gimana. Ya salah satunya setelah ketemu guru yang tadi di Medan. Memang sih, penghasilan perbulannya masih di bawah $1.500.-. Tapi usahanya saya lakukan terus untuk meraih impian seperti yang kita bahas sebelumnya. Dan saya harap manteman juga begitu, jangan hanya berharap sesuatu yang instant. Every business takes actual work, expect less, and you’ll quit.

Fokus. Jangan Loncat-Loncat

Berapa bisnis yang digeluti, atau berapa jenis produk yang dijual? 1? 2? Jangan kebanyakan, maksimal 3 aja lah. Kalo masih pemula mending 1 aja dulu, daripada bingung. Terlalu banyak menjalankan bisnis hanya akan bikin kerepotan. Fokus pada 1 bisnis, lalu setelah bisnisnya berkembang, bisa jalankan yang lain. Banyak sekali orang yang menjalankan bisnis dengan cara loncat-loncat. Lagi jalanin yang ini, tiba-tiba lihat yang baru, wah ini lebih untung, lalu daftar. Lihat lagi yg lebih bersinar, lalu daftar. Akhirnya yang lama ditinggalin semua.

Iya, saya juga pernah begitu. Saya ada kali lebih dari 10. Pada akhirnya, saya fokuskan 3 yang lebih menghasilkan yaitu jualan kopi limmit, kopi miracle dan sabun amorea, yang lainnya saya jalankan tetapi tapi tidak menjadi prioritas. Karena ternyata kalaupun dikerjakan yang 10 itu hanya diri sendiri hasilnya tetap saja segitu-gitu bahkan bisa turun drastis karena tidak fokus. Saya ingat waktu seminar bahwa ukuran bisnis itu bisa jalan 1-2 tahun, jika lewat itu belum juga ada perubahan artinya sudah saatnya mencoba yang lain secara perlahan.

Hormati Bisnismu (Investasi)

Oke, sudah banyak baca, belajar, lakukan, lalu fokus, sampai akhirnya menghasilkan uang. Ceritanya baru saja menghasilkan dan merasa bahwa ini hasil kerja keras lalu karena terlalu asyik, langsung deh beli ini dan beli itu, dan belanja-belanja. Langsung ganti ascesories semua. Stop! Itu bukan duit mu, itu duit dari bisnismu. Kesalahan fatal yang sering dilakukan orang-orang dalam menjalankan bisnis adalah menghabiskan semua hasil bisnis yang didapat. Inilah pentingnya pengaturan keuangan. Karena uang ini sedikit habis, apalagi banyak.

Gunakan sebagian hasil yang di dapat untuk mengembangkan bisnis yang lain. Ini namanya re-invest. Kalo punya 2 bisnis, dan yang 1 profitnya udah stabil, ya gunakan hasil itu untuk invest di bisnis kedua. Atau kalo anda kayak Pak Jokowi yang ngga mau ngambil gaji, semua hasil bisnis dipake buat re-invest, boleh-boleh aja. Misalnya buat deposito, beli emas batangan dan lainnya. Ingat, bisnis itu perusahaanmu. Harus bedain mana duit perusahaan, mana duit pribadi he.. he… Duit hasil bisnis jangan semuanya diabisin sendiri, nanti bisnis ngga akan berkembang.

Nah begitu dulu pertemuan kita hari ini, saya bukan sok mengajari, hanya memprovokasi saja, mudah – mudahan bermanfaat dan besok sudah mencoblos sesuai hati nurani, walapun tadi ada nama capres di atas bukan mau nyuruh coblos itu, karena pastinya baca email ini sudah lewat tanggal pencoblosan.

ARTIKEL PALING SERING DIBACA :

  1. Mindset Sukses
  2. Bisnis Online untuk Memanfaatkan Waktu Luang aja
  3. Private Bisnis Online tidak semahal konsultasi dengan dokter
  4. Memulai Bisnis Online Tanpa Modal
  5. Harga bensin naik? Bisnis Online saja!
  6. Hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis online
  7. Hashtags Facebook untuk Strategi Bisnis Online
  8. Penipuan Bisnis Online masih terus terjadi, siapa yang salah
  9. Cara Optimasi Video Youtube untuk BISNIS Online