Terkadang jiwa enterpreneurship (kewirausahaan) itu muncul karena terpaksa atau karena kepepet. Apakah itu karena kebutuhan hidup atau karena sakit dan lain sebagainya. Lalu apakah kita harus menunggu kepepet dulu baru memunculkan jiwa enterpreneurship (kewirausahaan)? hmm, kemarin ada sedikit dibahas kepepet dalam 6 Tips Meraih Mimpi dengan Mudah. Lalu apakah jiwa kepedulian ada hubungannya dengan jiwa kewirausahaan?

mengembangkan jiwa enterpreneurship bagi mahasiswa

Kisah ini saya ambil dari cerita pak Andriwongso – Sang Pembelajar ; Alkisah, pada suatu hari di  sebuah sekolah, dalam sebulan minimal sekali, pasti diadakan pemeriksaan tas para siswa. Pihak sekolah menertibkan dan merazia barang-barang yang dianggap tidak mendukung kelancaran belajar mengajar di sekolah.

Semua ruangan kelas, tanpa terkecuali diperiksa satu persatu. Saat tim pemeriksa masuk ke dalam kelas terakhir, tiba-tiba ada seorang siswi yang tampak gelisah. Tangannya berkeringat dan wajahnya pun memerah. Padahal di kelas dia dikenal sebagai siswi yang rajin, baik, cerdas, walaupun sedikit pendiam dan terkesan pemalu.

Siswi itu, tidak seperti biasanya, membawa tas yang ukurannya cukup besar. Ia mati-matian menjaga tasnya sambil memohon dengan terisak dan suara memelas, “Tolong, Pak, Bu. Jangan buka tas saya. Di dalam tidak ada benda yang melanggar peraturan. Sumpah. Please…” Dan seketika, hebohlah kelas itu. Mereka saling berpandangan sambil curiga, pasti ada sesuatu yang rahasia di balik tas itu.

Menanggapi situasi tersebut, siswi itu pun dipanggil ke ruangan kepala sekolah. Dengan kepala tertunduk dan tas di pelukan, ia pun
digelandang keluar kelas.

Bersama semua tim pemeriksa, mereka ke ruang kepala sekolah. Setelah mendengarkan laporan dari tim pemeriksa, dengan lemah lembut kepala sekolah berkata, “Anakku, sebenarnya apa isi tas itu? Ibu tidak memaksa, hanya ingin kejujuranmu.” Wajah cantik itu kembali memerah.

kepedulian terhadap sesama dan lingkungan

Dengan diam dan perlahan, siswi itu membuka dan mengeluarkan isi tasnya. Selain perlengkapan sekolah, tampak kue-kue kecil terbungkus rapi di dalam suatu kotak. “Maafkan saya Bu. Saya bukannya ingin membangkang perintah dengan tidak membuka tas, tetapi saya tidak berani menanggung malu di depan teman-teman sekelas. Kebetulan ini hari pertama saya berjualan kue, sepulang sekolah nanti, untuk membantu ekonomi keluarga. Ayah kami sedang sakit….” ujar remaja putri itu dengan nada lirih dan berlinang air mata.

Seisi ruangan itu tercekat. Mereka menyesali, justru di lingkungan terdekat mereka, ada siswa yang berada dalam kondisi memerlukan bantuan, namun mereka tidak mengetahui apalagi membantunya.

“Nak, tidak perlu merasa malu untuk hal ini… justru kamu bisa menjadi teladan karena niat, usaha, dan kepedulianmu untuk membantu keluarga. Maafkan Ibu dan sekolah karena baru menyadari kondisimu ini,” ujar Ibu Kepala Sekolah.

Sesungguhnya, peduli dan niat untuk memberi selalu muncul setiap saat, tetapi mental kita dikalahkan oleh rasa malu dan gengsi, sehingga jiwa enterpreneurship (kewirausahaan) hilang begitu juga rasa peduli kita. Sering kali kita memikirkan apa kata orang, pada hal orang lain tidak memikirkan kita.

Peduli dan memberi, terutama kepada orang-orang di sekeliling kita adalah sikap terpuji yang mendekatkan jarak antar manusia.Tak peduli seberapa kadarnya, entah banyak atau sedikit, kepedulian akan membawa dampak kebaikan pada lingkungan dan akan membukakan lebih banyak pintu sukses bagi si pemberi. Mari, peduli dan bagikan keteman-teman jika tulisan ini bermanfaat yoooooo….

Artikel Terpopuler :

  1. Pentingnya ide dalam Kewirausahaan
  2. 5 Tindakan Sukses Bisnis Online dengan Mindset Yang Benar
  3. Mindset Sukses
  4. 6 Tips Meraih Mimpi dengan Mudah
  5. 6 Jenis Kerja Paruh Waktu untuk Penghasilan Tambahan
  6. 5 Langkah Sukses Menjadi Internet Marketing

>>> [ IKLAN RP. 100.000,- /thn ] <<<

Anda sedang mencari botol plastik di pekanbaru ? Call 0857 678 07007 melayani pemesanan minimal 100pcs dan bisa diantar ke tempat. *) Syarat dan Ketentuan berlaku.

Jual Botol Plastik uk. 350ml

Botol Plastik uk. 350ml

Iklan