Berkomunikasi adalah salah satu hal yang terpenting dalam hidup, tetapi sering kali hal ini terabaikan, bisa kita bayangkan kalau kita tidak bisa berkomunikasi dengan orang – orang yang kita sayangi, kita diam aja, gak mungkin ada hubungan yang harmonis, tidak mungkin ada respon atau umpan balik. Nah komunikasi sangat dibutuhkan terutama dalam bidang pemasaran, tetapi apakah jika anda dibidang lain tidak perlu komunikasi, tentu perlu, kalau anda tidak bisa komunikasi dengan baik dengan atasan bagaimana atasan bisa mengerti bahwa gaji kita butuh di naikkan, he.. he….
Tau-tau sukses, tau-tau gaji lansung naik, begitu bukan?

Pemasaran memang hal yang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan skill khusus dalam melakukan pemasaran. Kesabaran, berpikir positif, tetap tenang adalah faktor penting dalam menjalankan pemasaran. Karena, tak semua bisa menjalankan pemasaran secara maksimal. Walapun ini menjadi ujung tombak dalam suatu perusahaan.

Banyak hal kecil yang berpengaruh besar ketika menjalankan roda usaha. Cara berkomunikasi dengan orang lain atau pelanggan menjadi salah satu contoh hal kecil yang ternyata berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis kita.

Ketika menjalankan bisnis konvensional, mungkin bertemu langsung dengan konsumen yang mendatangi toko atau jasa kita menjadi bagian dari cara kita untuk bisa langsung cepat mengerti apa yang diinginkan konsumen.

Akan tetapi, berbeda misalnya seperti saya atau anda yang bisnis online, dimana menghadapi konsumen hanya melalui telepon atau via chatting?! Tentunya ini membutuhkan kehati-hatian, kejujuran dan kepekaan. Untuk itu perlu memahami 4 faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap konsumen dalam hal berkomunikasi :

1. Berhati-hati dalam menyapa konsumen

Saat memulai bicara via telepon atau chatting sebelumnya kita tanyakan terlebih dahulu nama, asal dan subject pesanan yang diinginkan konsumen. Tentunya ini menggunakan nada ceria walau kita dalam keadaan capek atau baru saja menghadapi konsumen “usil”. Usahakan jangan terpancing provokasi konsumen, walaupan Anda sedang emosi namun perlakukan konsumen seperti Raja.

2. Lakukan introduction atau perkenalan

Tak kenal maka tak Sayang? Ya benar. Menjalankan bisnis tidak hanya semata hanya mendapatkan untung dan produk kita habis terbeli. Lebih dari itu, kita tentu harus memiliki tujuan khusus dalam menjalankan bisnis, salah satunya adalah menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Untuk itu, perkenalan sebaiknya dilakukan dengan sebaik-baiknya.

3. Jelaskan spesifikasi produk

Setiap produk pasti memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, walau itu hanya perbedaan komposisi gambar atau motif yang digunakan. Menjelaskan spesifikasi produk tentu harus yang sesuai dengan apa yang kita jual. Mengingat saat ini begitu banyak penipuan online yang tidak menggunakan spesifikasi yang sesuai dengan produk yang dijual. Maka, sudah menjadi tugas kita yang saat ini baru dan sedang menjalankan bisnis harus jujur walau itu terdengar simpel. Yang terpenting jangan bodohi konsumen pastinya. So penting untuk mengetahui jasa atau produk yang dijual, atau ditempat kita saat ini.

4. Jangan pandang bulu

Dalam melayani konsumen, tak jarang di era seperti ini yang keliru dalam menghadapi konsumen. Ketika melakukan transaksi, kita harus adil dalam menghadapinya. Tak perlu pandang bulu tentang cara, waktu dan bahasa yang digunakan. Tetap harus dijelaskan selengkapnya dan dengan keterangan yang lengkap. Ini akan sangat membantu tentang kredibilitas perusahaan yang kita jalani tentunya.

Itulah beberapa tips pemasaran yang sangat krusial dalam membangun komunikasi, lagi – lagi, ini semua akan anda butuhkan, manakala IMPIAN anda ingin terwujud.

Salam Provokator

Iklan