Teman-temanku yang baik hatinya, kemarin kita sudah bercerita 4 Faktor Penting untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Jadi saya ingat, pelanggan bukan berarti harus pembeli, tetapi bisa juga orang yang berkaitan dengan pelayanan kita.

Lantas hari ini ingin share tentang karyawan yang dewasa. Sering kali kita mendengarkan bahwa kedewasaan tidaklah diukur dari umur atau tuanya seseorang, betul atau betul sekali? Karena kadang anak kecil juga sering kita lihat memiliki sifat atau sikap yang dewasa. Kalau diukur dari jumlah umur harusnya sih seorang karyawan sudah dikategorikan dewasa, tetapi taukah anda bahwa karyawan yang dewasa itu seperti apa?

menjadi karyawan atau pengusaha

Mungkin 4 pertanyaan ini bisa menjadi panduan kita, apakah kita sudah menjadi seorang karyawan yang lebih dewasa atau belum :

  • Apakah saya sebagai seorang karyawan dapat menjadikan diri saya pantas diandalkan dalam berbagai situasi kerja yang menantang?
  • Apakah saya bisa menjadi karyawan yang bisa memegang prinsip, yang tidak diombang-ambingkan oleh situasi dan kondisi yang berubah-ubah?
  • Apakah saya bisa mengajak karyawan untuk lebih dewasa, yang mampu memotivasi diri sendiri tanpa harus sering dimotivasi?
  • Apakah saya bisa menumbuhkan jiwa melayani dalam diri saya yang ujungnya tercipta kerjasama tim yang solid?

Pertanyaan ini bisa kita gunakan untuk menguji diri kita sendiri, bukan diri orang lain, karena segala sesuatunya harus kita mulai dari diri sendiri. Lalu bila Anda merasa bahwa masih termasuk dalam kategori karyawan yang sedang menuju lebih dewasa seperti saya🙂, kiranya dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut dapat mengubah sikap menjadi penuh gairah, gembira, dan termotivasi untuk melayani. Sebenernya ada pelatihan khusus yang disediakan untuk hal ini, berikut ini adalah beberapa point yang bisa kita kembangkan :

  1. Learn, Unlearn, Relearn. Belajar adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Bagaimana proses belajar orang dewasa? Apa hubungannya dengan mentalitas sikap kerja positif?
  2. Sikap Positif, Sikap positif adalah kebiasaan yang perlu ditumbuhkembangkan dalam diri karyawan. Bagaimana caranya?
  3. Integritas – Inisiatif ; Karyawan yang dapat diandalkan adalah karyawan yang berintegritas dan selalu datang dengan inisiatif atau usul berbobot. Langkah praktis apa saja untuk mewujudkannya?
  4. Kompetensi ; Karyawan selalu dituntut untuk mampu meningkatkan kompetensi mereka? Mengapa hal ini penting baik untuk diri karyawan maupun perusahaan?
  5. Ambil Tanggungjawab ; Karyawan yang mau mengambil tanggungjawab bisa dipastikan mampu memberikan kontribusi maksimal kepada perusahaan. Bagaimana mendorong karyawan untuk itu?
  6. Problem Solver ; Karyawan yang memiliki mental problem solver adalah aset berharga. Temukan tips dan trik untuk mendapatkan karyawan demikian.
  7. Put It All Together ; Komitmen dan action plan, untuk menjadi tim kerja yang dapat diandalkan dan berdampak bagi perusahaan, bukan hanya menuntut hak.

Demikian manteman, mudah – mudahan bermanfaat dan menjadikan kita menjadi karyawan yang dewasa, yang mampu memotivasi diri sendiri tanpa harus sering dimotivasi. Dewasa itu seperti emas, semakin lama semakin dicintai, di tawar, walau turun harga tetap disayangi.

Salam Provokator

Erianto Simalango
www.EriantoSimalango.com