Sebenarnya saya sudah lama, ingin tau sebenarnya apa sih stem cellTetapi rame dan bahkan pernah di bahas di beberapa media, dimana para dokter Indonesia menyatakan agar tidak mudah tergiur dengan stem cell murah yang di tawarkan di luar negeri. Tentu biaya yang dikeluarkan tidak murah untuk pengobatan dengan metode ini. Saya menulis ini kembali karena kemarin membaca salah satu media online, bahwa terapi stem cell untuk kanker menjadi harapan baru, karena bisa disembuhkan.

Terapi Stem Cell menyembuhkan Berbagai Penyakit Berat

Sumber Gambar di ambil dari Internet

Jadi Terapi Stem Cell menyembuhkan Berbagai Penyakit Berat, (baca : Sel Punca untuk kebutaan Manusia) tentu karena namanya berat pastinya mahal, saya pernah baca di China itu untuk terapi ini menghabiskan dana sekitar Rp. 45juta untuk sekali terapi. Wuih mahal bukan, tetapi apalah uang dibandingkan dengan penderitaan. Lalu apakah dengan biaya sedemikian besar di jamin sembuh ??? tentu mengenai hidup mati hanya Yang Kuasa yang memiliki hak, kita hanyalah berusaha.

Sel punca, sel induk, sel batang (stem cell) merupakan sel yang belum berdiferensiasi dan mempunyai potensi yang sangat tinggi untuk berkembang menjadi banyak jenis sel yang berbeda di dalam tubuh. Sel punca juga berfungsi sebagai sistem perbaikan untuk mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak demi kelangsungan hidup. Saat sel punca terbelah, sel yang baru mempunyai potensi untuk tetap menjadi sel punca atau menjadi sel dari jenis lain dengan fungsi yang lebih khusus, misalnya sel otot, sel darah merah atau sel otak. (sumber wikipedia).

Seperti rilis merdeka.com Stem cell memiliki dua jenis utama yaitu adult stem cell dan embryonic stem cell.

  1. Adult stem cell adalah sel induk yang sudah dewasa dan sudah memiliki fungsi spesifik dan hanya membentuk jenis sel yang segolongan. Contohnya stem cell jantung hanya dapat membentuk sel otot jantung dan sel arteri jantung. Sedangkan,
  2. Embryonic stem cell sel induk yang merupakan awal mula dari terbentuknya sebuah organ tubuh. Sel ini akan terus membelah diri hingga membentuk janin yang kemudian lahir menjadi bayi.

Seperti saya jelaskan di atas tadi bahwa stem cell itu mahal pastinya. Untuk menjalani terapi stem cell, ada dua metode yang cukup terkenal yaitu metode transplantasi dan metode injeksi. Kedua terapi ini cukup mahal untuk dilakukan, berkisar antara ratusan juta hingga milyaran setiap 1 paket terapi. Selain dengan dua metode tersebut, baru-baru ini para peneliti sedang bekerja untuk menciptakan metode oral dalam menjalani terapi stem cell. Sebab metode oral ini jauh lebih murah dibandingkan dengan metode transplantasi atau metode injeksi.

Saya tidak tau apakah ini yang dimaksud istilah stem cell yang digunakan pada produk – produk yang bermunculan saat ini, dimana yang paling banyak digunakan adalah stem cell untuk kecantikan wajah