Telat Posting, Pengalaman Penyebab Mengapa Visa Korea Ditolaksampai saat ini saya belum dapat jawabannya, tetapi saya ingin ceritakan kronologisnya dan kekurangan apa yang sudah saya penuhi serta syarat – syarat yang harus saya lengkapi, tetapi yang jelas, sampai saat ini belum tau apa alasan kenapa visa korea ditolak.

penyebab mengapa visa ke korea di tolak

Berawal dari Februari 2016, ketika saya dapat lolos untuk kategori penerima reward tour ke Korea Selatan dari penjualan Kopi Miracle (baca : www.KopiMiraclePremium.com ). Pada saat itu diberikan pengumuman agar paspord dikumpulkan sebelum tanggal 21 Maret 2016.

Jangan lewatkan baca : Kenangan Distributor Kopi Miracle jalan jalan ke Thailand

Syarat VISA Korea Selatan 2016

Pada saat itu, saya langsung melengkapi, dokumen – dokumen yang diminta, bahkan karena pass photo waktu itu sedang habis langsung foto kilat agar cepat dikirimkan ke Jakarta, karena memang keberangkatan dalam grup dari berbagai daerah. Berikut ini adalah ucapan selamat pemberian reward dan Syarat Visa Korea Selatan 2016 yang harus saya penuhi.

Pertama-tama Kami ucapkan selamat kepada Anda yang telah berhasil meraih pencapaian untuk mengikuti Promo Indo-uniline Korea Blosoom Romantic Tour 2016 yang akan berlangsung mulai 27 April sd 01 Mei 2016.

Berdasarkan hal tersebut maka untuk proses pembuatan VISA Korea, kami informasikan kepada seluruh Peserta Peraih Tur Korea 2016 untuk melengkapi data-data berikut ini dan telah terkumpul di kantor pusat sebelum tanggal 21 Maret 2016 :

  • Passport Asli (masa berlaku minimal 6 bulan)
  • Pas foto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 (3 lembar) dengan warna latar belakang putih
  • Fotocopy rekening tabungan/rekening koran 3 (tiga) bulan terakhir
  • Surat Referensi Bank (asli)
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy Akta Lahir
  • Fotocopy Akta Nikah

Nah ini saya submit kalau tidak salah tanggal 22 Maret 2016 kepada perusahaan yang memberikan reward agar diserahkan ke travel agent yang akan menguruskannya.  Nah ternyata sekitar tanggal 8 April 2016 bahwa visa korea ditolak karena saya tidak melampirkan SPT Pajak (Surat Pemberitahuan Tahunan) Pajak 2 tahun terakhir. Saya juga mengakui, bahwa memang saya tidak melampirkan itu, karena sejak 2014 saya sudah tidak bekerja lagi sebgai karyawan, sehingga saya tidak melaporkan pajak. Bukan unsur kesengajaan, tetapi karena ketidak tahuan dan tidak sadar bahwa selama ini saya melaporkan pajak, karena dibantu dari kantor dimana saya bekerja.

penyebab visa ke korea ditolak

Tetapi tidak menjadi alasan, akhirnya saya mencoba menghubungi kantor saya waktu bekerja dulu, agar diberikan bukti potong, ternyata sudah tidak ada. Konsultasi juga saya lakukan pada malam itu juga, kepada salah seorang teman bagian pajak, ternyata juga ada keraguan, karena saya bukan masuk dalam pajak yang ada pemberi kerja, tetapi masuk dalam kategori wirausaha ataupun freelance. Belum ada hasil, tapi sudah ada gambaran.

Akhirnya besoknya saya pergi ke kantor pajak, karena waktu sudah mepet, hanya diberikan waktu 1 hari agar SPT segera dikirimkan ke Jakarta. Pada waktu itu beneran saya bingung, tapi gak panik sih…. Tuhan memang baik, saya ketemu dengan teman lama, singkat cerita akhirnya saya diperkenalkan dengan ARnya dan akhirnya kami selesaikan semua dan sayapun membayar pajak saya selama 2 tahun menggunaka ATM, dan SPTnya pun keluar juga.

Pada waktu itu, langsung saya scan, karena tidak sempat pada sore harinya, malam hari jam 7 saya scan dan kirim ke Jakarta mudah – mudahan tidak ada lagi, masalah…. dan ternyata yang dimintain SPT Tahunan itu hanya saya sendiri dari sekian peserta yang hadir. Lho ada apa ini ……………

2 hari kemudian, dari pihak travel juga meminta kembali, agar dikirimkan semua lampiran tanda bukti pelaporan SPTnya, kalau gak salah 1 tahun itu ada 5 lembar untuk wajib pajak yang profesinya sebagai freelance atau pekerja bebas. Besoknya itu saya scan lalu saya kirim. Ini sudah berjalan 3 hari, saya pikir tidak ada lagi masalah dan sayapun merasa bahwa semua sudah beres.

2 Hari sebelum Keberangkatan

Saya baru sempat ngurus, perlengkapan keberangkatan, karena saya merasa bahwa tidak ada lagi mungkin yang tidak beres, gak mungkinlah kalau masih ada yang kurang tidak diberitahu. Karena itu 2 hari sebelum keberangkatan saya menukar mata uang Korea, beli jacket dan lain dengan keadaan diburu, karena kerjaan sebagai online marketing juga sedang banyak.

pengalaman penyebab alasan visa korea di tolak

Besoknya 1 hari sebelum keberangkatan, tepatnya tanggal 25 April 2016, saya dinyatakan tidak bisa berangkat, Visa ke Korea ditolak, dengan alasan yang belum tau, hingga saat saya menuliskan cerita ini. Lemes bangat rasanya saya tidak bisa ikut, karna sudah lama saya kepengen ikut tour ke Korea, tetapi dikesempatan yang ada berangkat secara gratis, malah tidak bisa dan terkendala dengan visa.

Dari pada pusing, ya saya iklas aja dah, gak jadi berangkat…. tetapi yang tidak enaknya, tidak tau alasan apa, kemudian passport saya juga belum pulang, sehingga acara GANAS OMG 2016 Batam – Singapore – Malaysia juga saya tidak bisa ikut 2 negara, kecuali hanya Batam, kebetulan waktu itu tanggal 30 April 2016. Tetapi semua ada hikmahnya, karena tanggal 29 April 2016 saya dapat mengisi kelas Pelatihan Internet Marketing di Pekanbaru untuk travel. Ya begitulah…… semua pengeluaran untuk biaya pengurusan surat referensi bank, rekening koran 3 bulan terakhir, pajak dan lainnya akhirnya ada yang bayarkan.

Artikel Terkait Lainnya :