IKAN ASAP SELAIS YANG GURIH RENYAH MENJADI SALAH SATU MAKANAN KHAS PEKANBARU, BANYAK BERBURU IKAN IKAN ASAP SELAIS INI DI PEKANBARU, SELAIN UNTUK DIJADIKAN OLEH-OLEH KHAS PEKANBARU, BANYAKA JUGA DIBELI SECARA ONLINE BAGI MEREKA YANG SUDAH PULANG DARI KOTA PEKANBARU

Makanan Khas Pekanbaru Ikan Asap Selais

Pekanbaru terkini, sedang ditunggu-tunggu untuk jembatan siak 4 yang akan segera dirampungkan. Tidak lagi ada jalan yang terputus di kota ini, terutama jalan protokolnya akan langsung bisa menyeberang. Anda yang sudah pernah ke Pekanbaru tapi pengen lagi tentu sudah hal – hal yang baru nanti anda dapatkan.

Jembatan siak 4 ini tepatnya ujung jalan Sudirman bawah yang akan langsung terhubung dan menyeberang ke arah Rumbai. Itu sekilas ceritaku temen – temen dimanapun berada. Terutama warga riau yang sedang ada diluar Provinsi Riau atau saudara – saudara yang pernah tinggal di Pekanbaru tapi sudah pindah ke kota lain.

Apa yang teringat dengan anda sekarang kalau terpikir dengan Kota Pekanbaru dimana anda pernah tinggal disana. Oh ya masih ingatkah dengan Makanan Khas Pekanbaru?. Tidak semua mungkin orang tau, karena selera tentu berbeda, kalau ada yang suka lempuk durian atau ikan patin gula, bisa juga. Tapi kalau yang satu ini tidak terlupakan ya, Ikan Asap Selais Pekanbaru.

Ya sampai sekarang saya masih sering mengirimkan pesanan dari para pembaca blog ini ataupun ketika mencari gambar Ikan Asap Asli Pekanbaru lalu ketemu nomor telepon saya. Sebelumnya saya mengirimkan 2kg ke Jakarta Selatan, kemarin ngirim lagi 2Kg ke Kelapa Dua Jakarta. Mudah – mudahan mereka yang sedang menunggu dan merindukan ini dapat menikmatinya. Tidak bisa kembali ke Pekanbaru (Riau) paling tidak bisa mengingatkan kenangan dengan rasa yang berbeda, sambal ikan asap selais atau gulai ikan selais yang sudah di asapin.

Ikan asap selais khas provinsi Riau

Kadang saya juga merasa sedih, ketika ada yang minta ikan ini dalam jumlah banyak tapi tidak bisa terpenuhi, karena ada banyak kendala untuk mendapatkannya. Tidak selalu ada dapat kiriman dari nelayannya.

Habitat aslinya di perairan air tawar. Terdapat delapan sampai sembilan tulang tambahan tutup insang. Makanannya ikan kecil. Hewan ini disebut Ikan Selais (Kryptopterus lais) dan dinobatkan sebagai maskot Kota Pekanbaru

Gejala penurunan ikan ini terlihat dari populasi hasil tangkapan nelayan dan semakin berkurangnya persediaan ikan ekonomis sangat penting tersebut dipasaran. Bentuknya yang indah dan rasanya gurih bila sudah dimasak, membuat ikan itu terus dicari masyarakat. Hanya saja, keberadaannya sangat berkurang di sungai dan danau saat ini.

Saya kutip dari beberapa media mengatakan demikian, :

Penurunan populasi ikan ini diantaranya dapat dilihat, di daerah aliran Sungai Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Nelayan di perairan sungai ini merasa kesulitan mendapatkan ikan selais. Walaupun ada, jumlahnya tidaklah banyak. Dalam sehari nelayan hanya bisa membawa pulang ikan selais ini hanya enam ekor anakan. Padahal, pada tahun 1990-an ikan ini sangat mudah mendapatkannya.

Kebanyakan nelayan di Sungai Segati sekarang lebih memilih membudidayakan ikan selais, bila sudah mendapatkan indukannya untuk dikonsumsi atau dijual.

Tapi jangan khawatir, untuk anda yang ingin tetap aja komunikasi dengan kami di 0857 6780 7007 kali aja pas anda hubungi kami stocknya sedang baik. Kemarin sih, yang saya jual ikan salai selaisnya lumayan bagus tapi ukurannya masih yang sedang – sedang saja. Ikan ini kalau digoreng kering lalu dikasih sambal hijau, bisa habis semua tak bersisa dari ekor sampai kepalanya. Nikmat deh… jadi lapar neh….

 

Iklan