Sudah pengalaman beli rumah bekas secara cash/tunai ? Ternyata tidak semudah jual beli produk / barang biasanya, ini sejumlah aturan yang harus di lewati

Cara Beli Rumah Bekas Cash tanpa Riba di Pekanbaru

Saya juga belum pernah memang beli rumah secara tunai di Pekanbaru ataupun di daerah lain, tetapi ada banyak pengalaman sejak 2010 ikut seminar properti. Ternyata tidak semudah yang di bayangkan, apalagi buku-buku properti yang dulu saya beli gak pernah dibaca dan seminar2 yang pernah saya ikuti dulu sudah lupa ilmunya.

Pengen praktek dari yang kecil, ternyata tidak semudah yang kita bayangkan, kebetulan akan mencoba pindah kantor dari rumah ke depan rumah. Dengan doa temen-temen, kantor betabisnis nanti tidak di rumah lagi, begitu mimpinya.

Nah saya tulisan ini, sebagai pengingat, pengalaman tata cara beli rumah secara tunai dengan proses yang saya lakoni sendiri. Akhirnya saya coba salah satu temen yang di Medan, biasanya dia banyak pengalaman di bidang properti. Menjelaskan beberapa point tentang proses jual beli rumah bekas di Pekanbaru.

Rumah Cek Bersih

Maksud dari rumah cek bersih itu bukan sekedar untuk layak ditempat tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Layak bersih itu tergantung dari goal anda, kalau beli rumah itu untuk apa
  2. Bersih dimaksud lebih kepada, apakah rumah tersebut dalam masalah atau tidak
  3. Silahkan ditanyakan ke warga sekitar, tetangga, maupun RT/RW
  4. Bisa juga ditanyakan ke tingkat tata kota atau lainnya, jangan – jangan daerah tersebut akan digusur, makanya dijual yang bersangkutan.
  5. dan hal – hal lainnya tentang lokasi, tempat, kemudian kelayakan rumah dan perlengkapannya jika ada.

IMB / Legalitas Bangunan yang akan dibeli

Sangat penting, jadi jangan sampai beli rumah, ternyata tidak memiliki legalitas yang resmi, sebenarnya ketika anda cek pada point satu tadi bersih sudah juga dibicarakan tentang hal ini.

  1. Apakah memiliki IMB ini terkait dengan bangunan yang ada di atasnya.
  2. Biasanya sebelum transaksi sudah harus dibayarkan pajak tahun terakhir
  3. Surat Tanah (SHM, SKGR) dan lainnya

Perjanjian Akte Jual Beli (AJB)

Setelah melalui point 1 dan 2 maka yang harus dipersiakan adalah Akte Jual Beli, karena itu akan melibatkan pihak lain.

Saya mencoba menjajaki dengan Notaris. Dulu pernah berhubungan dengan notaris, tapi hubungannya dengan kantor dimana saya dulu bekerja. Masalah kontrak kerja, tetapi mengenai AJB belum pernah saya lakukan.

Karena itu saya mencoba jajaki beberapa temen, minta rekomendasi kira – kira notaris yang pernah mereka gunakan jasanya. Saya langsung mengunjungi, ketemu dengan administrasinya disana, ternyata ada beberapa hal yang harus saya persiapkan :

  1. Sertifikat ASLI Rumah yang akan dibeli
  2. PBB Terbaru 2019 yang sudah dibayarkan, ini harus di bawa Aslinya untuk divalidasi oleh dinas terkait
  3. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) ke dua belah pihak, penjual maupun pembeli, karena nanti akan ada pajak yang dibayarkan ke pemerintah atas penghasilan jual rumah tersebut
  4. KTP & KK Suami Istri dari ke dua belah pihak penjual dan pembeli dan nanti harus hadir kedua belah pihak pada saat pembuatan AJB.
  5. PPh 2,5% biasanya akan di kenakan ke pada penjual rumah
  6. BPHATB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) sebesar 5% di bayarkan ke pemerintah nanti akan dibantu oleh pihak notaris
  7. Lama Pengurusan hingga balik nama sekitar 1bulan kalau memang semua dokumen lengkap dan tervalidasi.
  8. Biaya Pengurusan belum disebutkan karena belum di validasi oleh pihak terkait dalam hal ini oleh pemerintah.

Itulah penelurusan yang saya lakukan hingga saat ini. Karena baru proses tanda jadi yang kami serahkan dengan bukti kwitansi, saat ini belum bisa dilanjutkan proses seperti apa lagi.

Mudah – mudahan dengan cara ini, sebagai catatan buat saya dan temen – temen yang sedang akan melakukan transaksi. Saya sengaja membuat tulisan ini, agar bisa menjadi referensi temen – temen yang lain, yang ingin beli rumah bekas secara tunai di Pekanbaru tanpa riba. Untuk proses selanjutnya akan saya update, sampai nanti selesai proses administrasinya. Salam hangat