Ikan Selais


Ikan Selais memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Uniknya, di Provinsi Riau Ikan Selais lebih popular sebagai wisata masakan. Penikmat olahan ikan ini sangat tinggi jumlahnya, sehingga jumlah suplai Ikan Selais untuk para konsumen harus terus dijaga.

ikan-salai-selais, Ikan Salai

Ikan Salai Sudah di Goreng

Anda akan banyak menjumpai Ikan Selais yang diolah secara asapan. Apalagi, jika dijadikan menu masakan dengan tambahan bumbu-bumbu yang akan menjadikannya semakin lezat. Masakan ikan ini merupakan salah satu kuliner khas Riau. Anda jangan heran jika harganya di pasaran cukup tinggi.

Kelangkaan ikan selais dipasaran membuat Harga ikan selais yang tidak menentu. Permintaan dari luar seperti dari Jakarta, Bekasi dan Bandung seperti tidak percaya dengan kenaikan harga ini.

Kisaran harga ikan selais terakhir sampai Rp. 200.000 s/d Rp. 240.000,- per kg. Pada hal biasanya bisa sampai di harga Rp. 170.000,- s/d Rp. 180.000,-

Salah satu faktor adalah akibat cuaca yang tidak menentu, sehingga para petani ikan selais inipun sulit untuk mendapatkannya. Padahal biasanya kalau kondisi cuaca hujan saat itulah harga ikan selais biasanya mahal karena sulit dilakukan pengasapan. Saat musim kemarau harga ikan selais akan murah karena proses pengeringan akan mudah.

Jual Ikan Asap Selais

Packing Pengiriman 1Kg sample ikan selais

Penikmat masakan Ikan Selais ini tidak hanya dari sekitar Sumatra, para pendatang pun semangat berburu ikan ini untuk dijadikan santapan ataupun oleh oleh khas pekanbaru bagi kerabat di tempat asal mereka. Tidak hanya di dalam negeri, Ikan Selais asapan bahkan diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia. Selama ini kami melakukan pengiriman ke berbagai daerah untuk permintaan konsumsi rumah tangga kisaran 5-10 kg.

Butuh Ikan Selais untuk dikirim ke luar kota? Call Mr.Eric 0857 678 07007 kami siap kirim via ekspedisi.

ARTIKEL TERKAIT :

Ikan Asap = Ikan Salai ? ditempatku namanya ikan salai. Mungkin di tempat anda namanya Ikan Asap, tapi intinya sama saja, bahwa cerita ikan salai itu adalah ikan dengan cara di asapin untuk mengeringkannya. Salai ini kan sebenarnya berarti diasap. Dan ini sih cuma bahasanya aja.. kalau orang Sumatera bilangnya salai, kalo di Bandung kan ada Sale (pisang sale), eh kok jadi lari ke pisang….

Ikan Asap Selais

Dan sebenernya di Manado juga ada yang namanya ikan asap Roa… semuanya sejenis nih, tapi ikannya aja yang beda-beda. Kalau yang Manado punya cenderung ikan laut, sedangkan di Sumatera ikan tawar atau sungai.

Ada beberapa jenis ikan “Asap” yang Pernah saya tau dan sebahagian sudah pernah coba, seperti Ikan Salai Patin, Ikan Salai Baung, Ikan Salai Selais  dan ada juga ikan Salai Lele  serta Ikan Salai Toman.

enak di goreng balado dgn cabe merah ataupun hijau, Mau dikirim? xD, Ikan Asap = Ikan Salai ? ditempatku namanya ikan salai.
ada bbrp jenis ikan “Asap” yg Pernah ku coba (Patin, Baung, Selais ataupun Toman).

Begitulah pembicaraan para penikmat Ikan Asap Selais di internet setelah mengamati pembicaraan mereka, apakah anda juga mau dikirimin? Beberap hari yang lalu sempat ngirim ke Semarang sebagai sample, mudah-mudahan mereka cocok.

Jual Ikan Asap Selais

Packing Pengiriman 1Kg sample ikan selais

Kalau dilihat dari bentuknya jeleknya ikan salai ini, tapi rasanya enak banget, apalagi kalau digulai sama daun singkong… tetapi anda tau resep ikan asap ini jika ingin memasaknya.

Harga Ikan Asap Selais

Tidak bisa diprediksi memang harga ikan ini, karena bukan seperti ikan biasanya ada yang dipelihara, tetapi ikan ini murni dari ikan sungai. Ikan selais merupakan ikon kota Pekanbaru, dan sampai saat ini susah dibudidayakan, hanya mengandalakan tangkapan dari alam untuk memenuhi kebutuhan pasar. Tetapi kisaran Rp. 180.000,- sampai dengan Rp. 230.000,- per kg.

Resep Ikan Asap Selais

Kreasi yang cukup terkenal dari salai (diasap) ikan selais adalah dengan digoreng sambal. Crunchy yang dihasilkan dari gorengan ikan selais ditambah dengan aroma yang khas dan sambal yang dipadukan membuat makanan ini banyak diminati di kota asalnya Pekanbaru, Riau

Ikan Asap Selais

Pendapat Mereka yang sudah konsumsi Ikan Selais

Dan saya pikir juga di daerah lain pasti banyak diminati dengan sambal sesuai dengan selera daerah masing-masing, mau?

Artikel Terkait :

Setelah berurusan kemarin dengan Bank, terkait dengan Open Blokir Internet Banking-ku, saya lanjutkan deh langsung ke warung dekat kantor. Awalnya bingung mau makan apa, karena hari-hari sudah makan disini dengan menu yang sama. Eh, ternyata makanan idaman yang jarang kelihatan ini, karena memang tergolong mahal saat ini, sekitar Rp. 200.000,-/kg nya.

Ikan Selais yang digulai dengan pucuk ubi, uih mak…. emang maknyos deh bisa ketagihan sih, tapi jarang dijual kalau diwarung biasa aja, biasanya ada di restoran-restoran.

Ikan Asap Selais PekanbaruCuma saya memang bingung, di warung langganan saya makan cukup murah ya, hanya Rp. 9.000,- sudah nambah dan ikannya juga ikan mahal. So, jika anda penasaran pengen makan ini boleh makan disana tetapikan harus tau jadwalnya apkaah hari itu ada masak atau tidak. Saya ingat, makanan ini sudah 3 minggu yang lalu saya makan, artinya 3 minggu kemudian baru ada lagi, ha.. ha….

Ikan Salai merupakan salah satu menu makanan yang cukup terkenal terutama bagi masyarakat Riau yang tinggal di sepanjang sungai-sungai besar yang ada di Riau. Masakan Ikan Salai dapat dijumpai di Rumah Makan Khas Melayu. Di beberapa Rumah Makan Ikan Salai dikreasikan menjadi masakan baru dengan bahan ikan salai ini dan dijadikan sebagai Oleh-Oleh Khas Pekanbaru.

Tulisan Terkait :

  1. Mengenal Ikan Selais Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau
  2. Ceritanya Ikan Salai Khas Riau yang kelihatan jelek tapi enak
  3. Ikan Selais menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru

« Laman SebelumnyaLaman Berikutnya »