Ikan Asap = Ikan Salai ? ditempatku namanya ikan salai. Mungkin di tempat anda namanya Ikan Asap, tapi intinya sama saja, bahwa cerita ikan salai itu adalah ikan dengan cara di asapin untuk mengeringkannya. Salai ini kan sebenarnya berarti diasap. Dan ini sih cuma bahasanya aja.. kalau orang Sumatera bilangnya salai, kalo di Bandung kan ada Sale (pisang sale), eh kok jadi lari ke pisang….

Ikan Asap Selais

Dan sebenernya di Manado juga ada yang namanya ikan asap Roa… semuanya sejenis nih, tapi ikannya aja yang beda-beda. Kalau yang Manado punya cenderung ikan laut, sedangkan di Sumatera ikan tawar atau sungai.

Ada beberapa jenis ikan “Asap” yang Pernah saya tau dan sebahagian sudah pernah coba, seperti Ikan Salai Patin, Ikan Salai Baung, Ikan Salai Selais  dan ada juga ikan Salai Lele  serta Ikan Salai Toman.

enak di goreng balado dgn cabe merah ataupun hijau, Mau dikirim? xD, Ikan Asap = Ikan Salai ? ditempatku namanya ikan salai.
ada bbrp jenis ikan “Asap” yg Pernah ku coba (Patin, Baung, Selais ataupun Toman).

Begitulah pembicaraan para penikmat Ikan Asap Selais di internet setelah mengamati pembicaraan mereka, apakah anda juga mau dikirimin? Beberap hari yang lalu sempat ngirim ke Semarang sebagai sample, mudah-mudahan mereka cocok.

Jual Ikan Asap Selais

Packing Pengiriman 1Kg sample ikan selais

Kalau dilihat dari bentuknya jeleknya ikan salai ini, tapi rasanya enak banget, apalagi kalau digulai sama daun singkong… tetapi anda tau resep ikan asap ini jika ingin memasaknya.

Harga Ikan Asap Selais

Tidak bisa diprediksi memang harga ikan ini, karena bukan seperti ikan biasanya ada yang dipelihara, tetapi ikan ini murni dari ikan sungai. Ikan selais merupakan ikon kota Pekanbaru, dan sampai saat ini susah dibudidayakan, hanya mengandalakan tangkapan dari alam untuk memenuhi kebutuhan pasar. Tetapi kisaran Rp. 180.000,- sampai dengan Rp. 230.000,- per kg.

Resep Ikan Asap Selais

Kreasi yang cukup terkenal dari salai (diasap) ikan selais adalah dengan digoreng sambal. Crunchy yang dihasilkan dari gorengan ikan selais ditambah dengan aroma yang khas dan sambal yang dipadukan membuat makanan ini banyak diminati di kota asalnya Pekanbaru, Riau

Ikan Asap Selais

Pendapat Mereka yang sudah konsumsi Ikan Selais

Dan saya pikir juga di daerah lain pasti banyak diminati dengan sambal sesuai dengan selera daerah masing-masing, mau?

Artikel Terkait :

Iklan

Setelah berurusan kemarin dengan Bank, terkait dengan Open Blokir Internet Banking-ku, saya lanjutkan deh langsung ke warung dekat kantor. Awalnya bingung mau makan apa, karena hari-hari sudah makan disini dengan menu yang sama. Eh, ternyata makanan idaman yang jarang kelihatan ini, karena memang tergolong mahal saat ini, sekitar Rp. 200.000,-/kg nya.

Ikan Selais yang digulai dengan pucuk ubi, uih mak…. emang maknyos deh bisa ketagihan sih, tapi jarang dijual kalau diwarung biasa aja, biasanya ada di restoran-restoran.

Ikan Asap Selais PekanbaruCuma saya memang bingung, di warung langganan saya makan cukup murah ya, hanya Rp. 9.000,- sudah nambah dan ikannya juga ikan mahal. So, jika anda penasaran pengen makan ini boleh makan disana tetapikan harus tau jadwalnya apkaah hari itu ada masak atau tidak. Saya ingat, makanan ini sudah 3 minggu yang lalu saya makan, artinya 3 minggu kemudian baru ada lagi, ha.. ha….

Ikan Salai merupakan salah satu menu makanan yang cukup terkenal terutama bagi masyarakat Riau yang tinggal di sepanjang sungai-sungai besar yang ada di Riau. Masakan Ikan Salai dapat dijumpai di Rumah Makan Khas Melayu. Di beberapa Rumah Makan Ikan Salai dikreasikan menjadi masakan baru dengan bahan ikan salai ini dan dijadikan sebagai Oleh-Oleh Khas Pekanbaru.

Tulisan Terkait :

  1. Mengenal Ikan Selais Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau
  2. Ceritanya Ikan Salai Khas Riau yang kelihatan jelek tapi enak
  3. Ikan Selais menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru

Mungkin banyak yang penasaran, apa itu Ikan Salai  bagi sebahagian orang yang umumnya berada dari luar Riau. Karena seperti di daerah lain seperti Jawa disebut Ikan Asap. Ikan Salai adalah ikan basah yang masih segar lalu dikeringkan melalui proses pengasapan.

Ikan Salai merupakan salah satu menu makanan yang cukup terkenal terutama bagi masyarakat Riau yang tinggal di sepanjang sungai-sungai besar yang ada di Riau. Masakan Ikan Salai dapat dijumpai di Rumah Makan Khas Melayu. Di beberapa Rumah Makan Ikan Salai dikreasikan menjadi masakan baru dengan bahan ikan salai ini.

Ada beberapa jenis Ikan Salai / Ikan Asap yang ada di Riau :

  • Ikan Salai Selais
  • Ikan Salai Lele
  • Ikan Salai Patin
  • Ikan Salai Baung

Beberapa kreasi yang cukup dikenal diantaranya : Sambal Salai, Asam Pedas Salai, Nasi Goreng Salai, Mie Goreng / Kuah Salai, Bubur Salai, Sayur Salai, Gulai Salai.

Ikan ini juga sering saya kirim ke luar Riau seperti Jakarta, Tangerang, Nusa Tenggara Barat, karena Jual Ikan Selais di luar Riau mungkin belum ada, sehingga dengan dukungan tekhnologi Internet sekarang ini, maka saya mencoba memberikan kemudahan untuk mendapatkan Ikan Salai Selais Asli Pekanbaru Riau.

Berikut ini adalah Ikan Salai Selais Riau secara sekilas, barang kali masih penasaran karena kalau sudah siap saji, mungkin anda tidak tau seperti apa bentuknya ketika masih baru diambil.

Ikan Salai Selais Pekanbaru

Ikan Selais Pekanbaru

Ikan Salai Selais Riau

Ikan Selais Kering yang dijual dipasaran

Ikan Asap Selais

Ikan Salai Selais Siap untuk dimasak [gulai,dll]

Tulisan Terkait Lainnya :

Jual Ikan Asap Selais Pekanbaru

Tugu Ikan Selais Pkbaru

Butuh Ikan Asap Selais di Pekanbaru ?Call Mr.Eric 0857 678 07007 PIN 26248 BF4 siap kirim kemana saja. 🙂

Ketika anda ke Pekanbaru tentu di pertengahan kota Pekanbaru akan melihat Tugu Kebanggaan Masyarakat Kota Pekanbaru sebagai Ikon Penghasil Ikan Selais. Jika anda melintas tugu ini tepatnya di Jalan Sudirman depan Kantor Walikota Pekanbaru. Tugu tersebut diberikan nama Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan. 

Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan mengandung falsafah yaitu tiga ekor ikan Selais yang diabadikan dalam bentuk saling bersentuhan sekan-akan berangkulan dengan mesra serta ditampilkan dalam gerak dinamis dan penuh kelemah lembutan; mencerminkan pelaku orang Melayu yang selalu hidup dalam kerukunan dan kedamaian, saling berkasih sayang dalam kelincahan dan kepiawaian pergaulannya, sedangkan Air yang bergelombang diibaratkan cerminan samudera luas yang penuh ombak dan badai kehidupan yang selalu menghadapi cabaran dan tantangan, masalah dalam berbagai cobaan dan ujian.

Kita tau Pekanbaru sebagai ibukota Provisi Riau bukan saja hanya sebagai penghasil Minyak dan Gas, tetapi juga penghasi Ikan salah satunya adalah Ikan Selais. Cukup menggembirakan ternyata Ikan Asap Selais Pekanbaru ini banyak digemari oleh para turis yang berkunjung ke Pekanbaru yaitu turis loka atau turis internasional. Seperti dirilis oleh MediaIndonesia Pekanbaru 29 April 2012.

ButuhIkan Asap Di Pekanbaru, Cara Membuat Ikan Asap, Ikan, Ikan Asap

Media Indones 29 April 2012, Ikan Selais diminiati Turis Asing

Menurut dia, ikan asap itu sangat diminati turis dari Australia dan Jepang karena memiliki rasa khas bila digoreng dan sangat berbeda rasanya dengan ikan air tawar lainnya. Ikan asap Selais merupakan ikan air tawar yang diolah dengan pengasapan secara tradisional kemudian diberi bumbu lalu dijemur sehingga berwarna kecoklatan, maka ketika dijual dalam bentuk kering.

Kalau Turis Asing aja sangat minat dengan Ikan Asap Selais Pekanbaru apakah anda juga suka?

Artikel lainnya yang berbungan dengan Ikan Asap Selais baca di bawah ini :

Jual Ikan Asap Selais Murah di Pekanbaru Secara Online

Ikan Asap Selais LARIS manis di Pekanbaru

Kalau kemarin saya sudah bercerita bagaimana pola pengasapan Ikan Asap Selais dengan judul Ikan Asap Selais LARIS manis di Pekanbaru maka pada saat ini juga saya ingin beritahu bahwa bila anda ingin tau bagaiman pola membuat Ikan Asap seperti dilansir blog cuek.wordpress.com adalah sebagai berikut :

Jual Ikan Asap, Jual Ikan Asap Selais di Pekanbaru

Cara Membuat Ikan Asap :

  1. Buang insang dan isi perut melalui tutup insang / rongga mulut dengan menggunakan pinset atau kawat lengkung
  2. Cuci bersih dan tiriskan
  3. Buat larutan garam 20 – 25% ( untuk 8 kg ikan siapkan 5 liter air dan tambahkan 1 – 1 ¼ kg gram )
  4. Rendam ikan dalam larutan garam tersebut selama 30 – 60 menit dan beri pemberat di atasnya agar ikan tidak terapung
  5. Cuci ikan , kemudian tiriskan sambil diangin-anginkan sampai permukaan ikan kelihatan kering. Penirisan ikan dengan cara mengantung ikan pada kawat (mengait bagian anus dengan posisi mulut di bawah)
  6. Nyalakan kayu bakar dalam rumah asap, sampai didapat asap dengan temperature ruang 60 – 700C
  7. Atur ikan di atas rak pengasapan kemudian lakukan proses pengasapan sampai ikan matang dan berwarna kuning kecoklatan mengkilap
  8. Keluarkan rak ikan dari rumah asap dan biarkan hingga dingin.

Kebetulan sekali bahwa Ikan Selais menjadi ikon dari kota pekanbaru, maka pada bahasan ini adalah Ikan Asap Selais Pekanbaru. Sesungguhnya anda tetap bisa membuat Ikan Asap yang lain seperti Ikan Asap Lele, Ikan Asab Baung dan lain sebagainya.

Cari Ikan Asap Selais di Pekanbaru? CallMe Please 24Jam Online Mr.Eric 0857 678 07007 siap mengirimkan ke Seluruh Indonesia dengan packingan 1/2Kg.

Teringat ketika saya pernah menuliskan Menikmati Ikan Asap Selais yang saya  tulis di album Flickr.com. Tak kalah serungnya sehingga para tamu yang makan sampai tidak memperhatikan bahwa saya mengambil fotonya diam-diam. Mohon maaf ya :)?. Tetapi memang selain menjadi menu favorite kuliner di Pekanbaru, juga merupakan Oleh-Oleh khas Pekanbaru Riau.

Ikan Asap Di Pekanbaru, Ikan, Ikan Asap, Membuat Ikan Asap, Cara Membuat Ikan Asap, Pembuatan Ikan Asap, Pengolahan Ikan Asap, Ikan Lele Asap, Masak Ikan Asap, Masakan Ikan Asap, Mesin Ikan Asap, Pengasapan Ikan Lele, Ikan Bandeng Asap, Sni Ikan Asap

Ikan Asap Selais

Sekilas tentang Ikan Asap Selais Pekanbaru, Proses pengasapan ikan merupakan gabungan aktifitas penggaraman, penggeringan dan pengasapan. Adapun tujuan utama proses penggaraman dan penggeringan adalah membunuh bakteri dan membantu mempermudah melekatnya partikel-partikel asap waktu proses pengasapan berlangsung.

Dalam proses pengasapan,unsur yang paling berperan adalah asap yang dihasilkan dari pembakaran kayu. Pada pengasapan menghasilkan efek pengawetan yang berasal dari beberapa senyawa kimia yang terkandung di dalamnya, khususnya senyawa-senyawa :
-Aldehide ( formaldehide dan acetaldehyde), dan
-Asam-asam organic (asam semut dan asam cuka)

Pengasapan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pengasapan dingin dan pengasapan panas

a. Pengasapan dingin (cold smoking) adalah proses pengasapan dengan cara meletakkan ikan yang akan diasap agak jauh dari sumber asap (tempat pembakaran kayu), dengan suhu sekitar 40 – 500C dengan lama proses pengasapan beberapa hari sampai dua minggu.

b. Pengasapan panas ( hot smoking )
Pengasapan panas (hot smoking) adalah proses pengasapan ikan dimana akan diasapi diletakkan cukup dekat dengan sumber asap. Suhu sekitar 70 – 1000C, lamanya pengasapan 2 – 4 jam.

Jadi pola pengasapan saja sudah rumit ya? sudah sepantasnya memang enak. Penasaran? Tentu anda bisa menikmatinya dimanapun tanpa harus datang ke Pekanbaru. Kami sudah menyediakan yang sudah siap kirim dan dibungkus rapi dalam ukuran 400gr. Ikan Selais yang menjadi ikon kota pekanbaru ini juga menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru Riau.

Butuh Ikan Asap Selais? di Pekanbaru Call Me Please Mr.Eric -0857 678 07007 | PIN 26248 BF4. Siap melakukan pengiriman ke Seluruh Penjuru Indonsia. Anda siap-siap MENIKMAT. Dilarang Ketagihan.