Ikan Selais memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Uniknya, di Provinsi Riau Ikan Selais lebih popular sebagai wisata masakan. Penikmat olahan ikan ini sangat tinggi jumlahnya, sehingga jumlah suplai Ikan Selais untuk para konsumen harus terus dijaga.

ikan-salai-selais, Ikan Salai

Ikan Salai Sudah di Goreng

Anda akan banyak menjumpai Ikan Selais yang diolah secara asapan. Apalagi, jika dijadikan menu masakan dengan tambahan bumbu-bumbu yang akan menjadikannya semakin lezat. Masakan ikan ini merupakan salah satu kuliner khas Riau. Anda jangan heran jika harganya di pasaran cukup tinggi.

Kelangkaan ikan selais dipasaran membuat Harga ikan selais yang tidak menentu. Permintaan dari luar seperti dari Jakarta, Bekasi dan Bandung seperti tidak percaya dengan kenaikan harga ini.

Kisaran harga ikan selais terakhir sampai Rp. 200.000 s/d Rp. 240.000,- per kg. Pada hal biasanya bisa sampai di harga Rp. 170.000,- s/d Rp. 180.000,-

Salah satu faktor adalah akibat cuaca yang tidak menentu, sehingga para petani ikan selais inipun sulit untuk mendapatkannya. Padahal biasanya kalau kondisi cuaca hujan saat itulah harga ikan selais biasanya mahal karena sulit dilakukan pengasapan. Saat musim kemarau harga ikan selais akan murah karena proses pengeringan akan mudah.

Jual Ikan Asap Selais

Packing Pengiriman 1Kg sample ikan selais

Penikmat masakan Ikan Selais ini tidak hanya dari sekitar Sumatra, para pendatang pun semangat berburu ikan ini untuk dijadikan santapan ataupun oleh oleh khas pekanbaru bagi kerabat di tempat asal mereka. Tidak hanya di dalam negeri, Ikan Selais asapan bahkan diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia. Selama ini kami melakukan pengiriman ke berbagai daerah untuk permintaan konsumsi rumah tangga kisaran 5-10 kg.

Butuh Ikan Selais untuk dikirim ke luar kota? Call Mr.Eric 0857 678 07007 kami siap kirim via ekspedisi.

ARTIKEL TERKAIT :

Ikan Asap = Ikan Salai ? ditempatku namanya ikan salai. Mungkin di tempat anda namanya Ikan Asap, tapi intinya sama saja, bahwa cerita ikan salai itu adalah ikan dengan cara di asapin untuk mengeringkannya. Salai ini kan sebenarnya berarti diasap. Dan ini sih cuma bahasanya aja.. kalau orang Sumatera bilangnya salai, kalo di Bandung kan ada Sale (pisang sale), eh kok jadi lari ke pisang….

Ikan Asap Selais

Dan sebenernya di Manado juga ada yang namanya ikan asap Roa… semuanya sejenis nih, tapi ikannya aja yang beda-beda. Kalau yang Manado punya cenderung ikan laut, sedangkan di Sumatera ikan tawar atau sungai.

Ada beberapa jenis ikan “Asap” yang Pernah saya tau dan sebahagian sudah pernah coba, seperti Ikan Salai Patin, Ikan Salai Baung, Ikan Salai Selais  dan ada juga ikan Salai Lele  serta Ikan Salai Toman.

enak di goreng balado dgn cabe merah ataupun hijau, Mau dikirim? xD, Ikan Asap = Ikan Salai ? ditempatku namanya ikan salai.
ada bbrp jenis ikan “Asap” yg Pernah ku coba (Patin, Baung, Selais ataupun Toman).

Begitulah pembicaraan para penikmat Ikan Asap Selais di internet setelah mengamati pembicaraan mereka, apakah anda juga mau dikirimin? Beberap hari yang lalu sempat ngirim ke Semarang sebagai sample, mudah-mudahan mereka cocok.

Jual Ikan Asap Selais

Packing Pengiriman 1Kg sample ikan selais

Kalau dilihat dari bentuknya jeleknya ikan salai ini, tapi rasanya enak banget, apalagi kalau digulai sama daun singkong… tetapi anda tau resep ikan asap ini jika ingin memasaknya.

Harga Ikan Asap Selais

Tidak bisa diprediksi memang harga ikan ini, karena bukan seperti ikan biasanya ada yang dipelihara, tetapi ikan ini murni dari ikan sungai. Ikan selais merupakan ikon kota Pekanbaru, dan sampai saat ini susah dibudidayakan, hanya mengandalakan tangkapan dari alam untuk memenuhi kebutuhan pasar. Tetapi kisaran Rp. 180.000,- sampai dengan Rp. 230.000,- per kg.

Resep Ikan Asap Selais

Kreasi yang cukup terkenal dari salai (diasap) ikan selais adalah dengan digoreng sambal. Crunchy yang dihasilkan dari gorengan ikan selais ditambah dengan aroma yang khas dan sambal yang dipadukan membuat makanan ini banyak diminati di kota asalnya Pekanbaru, Riau

Ikan Asap Selais

Pendapat Mereka yang sudah konsumsi Ikan Selais

Dan saya pikir juga di daerah lain pasti banyak diminati dengan sambal sesuai dengan selera daerah masing-masing, mau?

Artikel Terkait :

ikan-salai-selais, Ikan Salai

Ikan Salai Sudah di Goreng

Salai ini kan sebenarnya berarti diasap. Dan ini sih cuma bahasanya aja, kalau orang Sumatera khususnya di Riau bilangnya salai, kalo di Bandung kan ada Sale (pisang sale), katanya sih saya juga belum pernah lihat. Sebenernya juga di Manado ada pernah saya liaht di acara kuliner yang namanya ikan asap Roa, semuanya sama sebenarnya, tapi ikannya aja yang beda-beda. Kalau yang Manado punya cenderung ikan laut, sedangkan di Sumatera ikan tawar atau sungai seperti ikan baung, lele, sepat, gabus (ruting) dan Ikan Selais.

Bagaimana dengan Pekanbaru Riau? yang paling terkenal dan umum dipakai orang ikan selais. Tapi ya tergantung masaknya juga sih…kalau untuk disambal emang lebih enak selais karena setelah digoreng crunchy gitu, apalagi Ikan salai ini yang paling khas karena wanginya, apalagi kalau dimasak gulai..itu enak banget. Kelihatannya Ikan Asap Selais jelek ya, tapi rasanya enak banget, apalagi kalau digulai sama daun singkong…wuish….

Tentu anda tidak harus datang ke Pekanbaru untuk meluapkan rasa ingin menikmati ikan tersebut, cukup buka google anda dari smart phone ketikkan Jual Ikan Selais Pekanbaru maka ikan siap di antar sampai ke rumah. Hemat Energy!.

Ikan selais merupakan ikon kota Pekanbaru, dan sampai saat ini susah dibudidayakan, hanya mengandalakan tangkapan dari alam untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sedangkan ikan salai, merupakan ikan yang diasapi agar bertahan lama yang memiliki tekstur dan aroma yang khas. Salai ikan yang populer adalah salai ikan selais,  biasanya sering membeli di pasar Bawah untuk oleh-oleh pulang ke Jogja harganya cukup aduhai, 160 ribu/ kg seperti rasanya, di rumah makan, ikan salai dimasak dengan kuah gulai bersama daun pakis atau daun singkong dan kacang panjang.

Tulisan Terkait :