Perkembangan teknologi kian melejit sehingga berbagai kemudahan dapat kita rasakan untuk menunjang kegiatan kita. Termasuk dari dari berbagai sudut terutama dalam sudut perbankan juga. Hal ini dapat kita rasakan, bahwa transfer uang juga tidak lagi harus menunggu lama walaupun itu dari luar negeri. Terutama bagi rekan – rekan yang sedang melakoni bisnis online dimana jualannya sudah sampai ke luar negeri. Tetapi bagi yang belum jangan berkecil hati karena semua punya peluang, untuk itu ada baiknya anda persiapkan diri anda.

Nah bagaimana kalau ada yang pesan dari luar negeri? Itulah yang saya share pada saat ini, kadang bingung karena ada yang tidak tau bagaimana proses pengiriman uang dari luar negeri. Untuk itu saya ingin share bagai mana cara menerima kiriman uang melalui Western Union. Berikut pengalaman saya transaksi dengan pelanggan yang Beli Kopi Miracle dari Singapore :

  1. Harga Kopi Miracle 2 box sepakat sebesar  $110,- sudah termasuk ongkos kirim
  2. Kemudian saya informasikan agar dikirim terlebih dahulu uangnya melalui Western Union
  3. Kirimkan data anda ke pada pembeli agar mereka bisa mengirimkan uangnya, data : Nama, Nomor KTP, Alamat hal ini penting karena akan disesuai pada saat kita nanti ambil uangnya.
  4. Kemudian mohon dikonfirmasi via email atau sms bahwa uangnya sudah ditransfer.

Setelah anda melakukan hal di atas selanjutnya anda tinggal menunggu kabar dari pelanggan anda. Biasanya anda akan dikirimkan data berupa Nama Penerima sesuai data yang anda kirimkan dan Nomor MTCN (Monitor Transfer Control Number). Nomor MTCN ini adalah nomor yang rahasia, artinya tidak ada yang tau kecuali anda dan pelanggan anda, karena ketika orang lain tau, bisa jadi dicairkan. Biasanya selain No. MTCN ada lagi Test Question  dan Aswer, artinya anda buat kesepakatan dengan pelanggan sebuah pertanyaan dan jawaban dimana pertanyaan dan jawabannya hanya anda yang tau.

Selanjutnya bagaimana Cara Mengambil uang kiriman melalui Western Union? Caranya sangat gampang. Anda bisa ambil uangnya di bank yang ada di Indonesia yang ada logo Western Union, bisanya kuning. Saya akan share cara menerima western union di kantor pos karena sudah ada bukti.

cara-mengambil-uang-western-union

Gambar 1. cara-mengambil-uang-western-union

  1. Siapkan nomor MTCN seperti yang sudah saya jelaskan di atas, atau print email anda.
  2. Siapkan Copy KTP anda
  3. Setelah itu anda pergi ke kantor pos, karena anda mau ambil uangnya kan di kantor pos.
  4. Tiba di kantor pos, anda ambil formulir Penerimaan Uang Western Union lihat gambar 1.
  5. Isi data sesuai KTP harus sesuai dengan data yang anda kirimkan ke pelanggan tadi, seperti Nama Depan, Nama Belakang, Alamat, Kota, Provinsi, Kodepos  dan Nomor Handphone
  6. Isi data pengirim uang sesuai yang dikirimkan kepada anda, seperti Nama Depan, Nama Belakang, Alamat, Kota, Provinsi, Kodepos  dan Nomor Handphone
  7. Isi Jumlah uang yang dikirimkan
  8. Isi Nomor MTCN
  9. Kemudian anda tanda tangani, dan diserahkan ke loket posnya.
  10. Anda siap tanda tangani tanda terima uang seperti gambar 2.
cara cairkan uang western union

Gambar 2 : Tanda Terima Uang

Sekian share dari saya, mudah – mudahan bermanfaat, tetapi bila anda punya pengalaman lain, silahkan anda share pada kolom komentar di bawah ini. Salam Sukses.

Artikel Sebelumnya :

 

Iklan