SUDAH GUNAKAN IKLAN FACEBOOK ADS (BERBAYAR) SEBAGAI STRATEGI JANGKAUAN PEMASARAN !! 😍
Bimbingan Teknis Digital Marketing Pekanbaru
Salah satu media jejaring sosial terbesar dan banyak dipakai masyarakat dunia saat ini adalah Facebook.

Social network Facebook kini telah dipakai hampir satu milyar penduduk di dunia.

Baca juga : Bisnis yang menjanjikan di Pekanbaru saat mendekati lebaran

Kepopuleran jejaring sosial facebook telah menjadi daya tarik yang luar biasa bagi pebisnis dan perusahaan untuk memanfaatkannya dalam membangun pemasaran online (Digital Marketing).

Meskipun Facebook telah menyediakan sarana promosi secara gratis baik melalui Akun Personal (Organik), Grup Jual Beli, Market Place, maupun Fanspage.

Namun kalau hanya mengandalkan Akun Personal dan Fanspage dibutuhkan waktu yang lama untuk memasarkan produk kita agar terjual karena dibutuhkan interaksi dan membangun pertemanan dengan calon target pembeli.

Sama halnya dengan memasarkan produk melalui Grup Jual Beli, Market Place di FB meskipun ada beberapa yang sukses memasarkan produknya namun tidak sedikit pula yang gagal.

Baca Juga : Optimasi Google Map untuk Bisnis Anda

Untuk mengatasi masalah diatas, kita bisa mencoba menggunakan Facebook Ads (Berbayar), dengan FB Ads kita bisa menentukan target pasar sepert umur, tempat tinggal, dll… dengan jangkauan yang lebih luas.. tidak perlu kita melakukan pertemanan, atau target harus menyukai fanspage kita

Dengan menggunakan Iklan Berbayar (Sponsored) di Facebook, Iklan/produk kita berpotensi untuk mendapatkan Reach, Like, Koment, Interaksi, Klik Web yang lebih banyak dari orang lain…

Apakah Kawan2 sudah menggunakannya?? πŸ˜„

Saat pribadi mengajarkan digital marketing di PekanbaruΒ tidak memiliki materi tentang facebook ads, karena memang saya sendiri tidak praktek menggunakan fb ads.

Ada beberapa alasan saya mengapa tidak menggunakannya :

  • Belum memiliki waktu untuk mengelola lebih baik, karena data yang kita dapatkan dari fb ads harus diolah lagi sehingga nanti tidak boncos. Seperti tadi dijelaskan, interest, demografi dan lain2.
  • Belum mengalokasikan budget untuk fb ads. Karena di awal terus terang anda harus mengeluarkan biaya untuk testing, resiko rugi di awal pasti sudah ada, karena namanya testing.
  • Lebih condong enak mendapatkan pembeli dari google dari pada social media, organic ataupun berbayar (ads). Karena cenderung yang datang dari google tingkat closingnya lebih besar.

Maka saya sepakat dengan istilah temen saya pada status facebooknya menyatakan begini :

  • Kalau di awal menggunakan iklan berbayar (paid ads) maka ini sering disebut dengan istilah bakar duit. Nah anda akan terus mengiklan sampai ada hasil, ketika anda berhenti mengiklan maka akan rugi (boncos).
  • Kalau anda di awal melakukan riset hingga ber malam – malam untuk optimasi sampai masuk halaman 1 google, maka ini sebut dengan bakar waktu. Ketika anda berhasil, maka hasilnya untuk jangka waktu yang panjang, tetapi kalaupun anda tidak berhasil mendapatkan penjualan, anda hanya rugi di waktu.

Jadi tinggal anda mau memilih yang mana? Keputusan anda ditangan anda sendiri. Saya sendiri hanya menjelaskan, sesuai dengan pengalaman saja. Mohon doanya agar tetap langgeng, sudah mau jalan 5 tahun menggunakan digital marketing untuk yang berhubungan dengan bisnis ofline.